Tak Bisa Diakses, Tagar #FacebookDown Ramaikan Linimasa

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 00:30 WIB
Tak Bisa Diakses, Tagar #FacebookDown Ramaikan Linimasa Ilustrasi (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tagar #FacebookDown meramaikan linimasa di Twitter. Tagar ini mulai merayap menjadi tagar populer di dunia sejak tiga jam lalu. Selain Facebook, pengguna dunia juga mengeluhkan bahwa layanan Instagram mereka pun tak bisa digunakan. Tagar #InstagramDown ikut meramaikan linimasa.

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia, saat berita ini ditulis, layanan Facebook dan Instagram di Indonesia tak mengalami kendala.

Namun, Facebook mengakui bahwa penggunannya memang sempat mengalami gangguan akses ke Facebook dan Instagram, seperti dilansir AFP. Namun, mereka tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai masalah tersebut. Ini adalah kali kedua Facebook mengalami isu teknis dalam dua minggu belakangan.


Berdasarkan pengamatan dari situs pengamat Downdetector, kesulitan akses ini dirasakan oleh sebagian besar pengguna di seluruh dunia. Mulai dari Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

"Kami tahu sejumlah orang mengalami kesulitan akses ke beberapa aplikasi yang tergabung di Facebook. Kami tengah berusaha menyelesaikan isu ini secepat mungkin," kelas Facebook dalam cuitannya di Twitter pukul 15:35 GMT.

Dalam beberapa minggu belakangan, Facebook yang juga membawahi Instagram dan WhatsApp tengah menghadapi tekanan. Mereka dianggap tidak serius mengangani kesalahan informasi yang beredar saat kampanye. Mereka juga menyewa konsultan untuk membela diri atas kesalahan informasi yang terjadi.

Akibat tekanan ini, belakangan Instagram mengumumkan bahwa mereka mulai membersihkan platformnya dari aplikasi pihak ketiga yang digunakan akun palsi untuk menyebar likes dan komentar buatan. Instagram disebut mengembangkan perangkat lunak mereka sendiri untuk membasmi bot-bot ini. (eks/eks)