Setelah Alami Gangguan, Internet Telkomsel Kembali Normal

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 12:24 WIB
Setelah Alami Gangguan, Internet Telkomsel Kembali Normal Ilustrasi. (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telkomsel mengatakan layanan internetnya telah berjalan dengan normal. Layanan internet sempat dikeluhkan beberapa penggunanya di beberapa wilayah di Indonesia pada Selasa malam (20/11).

General Manager External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengakui layanan internet sempat terganggu selama 25 menit pada Selasa Malam. Layanan internet yang mengalami kendala berada di Jabotabek dan Jawa Barat.

"Saat ini layanan data/internet di wilayah Jabotabek dan Jabar telah kembali normal, setelah malam 20 November 2018 pada pukul 23.20 s/d 23.45 WIB mengalami gangguan di link gateway internet international. Kami menyampaikan permohonan maaf atas gangguan dan ketidaknyamanan yang telah terjadi." kata Denny dalam keterangan resmi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (21/11).
Terpisah, Manager Media Relations Telkomsel Singue Kilatmaka menjelaskan layanan legacy Telkomsel seperti telepon dan pesan singkat masih berjalan lancar. Layanan yang bermasalah hanya layanan internet.


Ia menjelaskan link gateway internet internasional adalah jalur internet ke global. Oleh karena itu, gangguan di sini mengakibatkan akses internet pengguna bermasalah.

"Sebatas akses internet aja. Cuma sebentar dan normal lagi sejak pukul 23.45 dan tidak semua wilayah. Akses lain normal semua, seperti telepon dan pesan singkat," kata Singue kepada CNNIndonesia.com.

Sebelumnya, pengguna Telkomsel mengeluhkan layanan internet mereka sempat terganggu Senin (20/11) tengah malam hingga Selasa (21/11) dini hari. Seorang pengguna Telkomsel menyebut bahwa ponselnya mendadak tak bisa berinternet menjelang tengah malam sejak pukul 23.27.

Linimasa Twitter juga dibanjiri keluhan pelanggan Telkomsel. Akun resmi Telkomsel berulang kali meminta maaf atas gangguan layanan yang terjadi untuk menanggapi keluhan pelanggan mereka dan menjelaskan ada peningkatan jaringan dalam akun tersebut. (jnp/age)