Instagram Uji Coba Tampilan Baru

CNN Indonesia | Jumat, 23/11/2018 16:42 WIB
Instagram Uji Coba Tampilan Baru Ilustrasi. (Dok. Instagram)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram sedang melakukan uji coba perubahan tampilan profil yang baru. Beberapa perubahan yang sedang digodok diantaranya adalah mengatur ulang fitur, ikon, tombol dan cara pengguna bernavigasi di Instagram.

Pengguna Instagram yang mengunggah foto jumbo dalam format grid tidak perlu khawatir. Pasalnya Instagram tidak akan mengubah tampilan layout foto atau video.

"Selama beberapa minggu ke depan, Anda mungkin melihat fitur diatur ulang di bagian atas profil Anda termasuk perubahan ikon, tombol, dan cara Anda bernavigasi di antara tab," ujar Instagram dalam keterangan di situs resmi.


Dilansir dari The Verge, beberapa perubahan yang mencolok ada pada bagian atas profil pengguna. Profil foto yang awalnya ada di sebelah kiri, kini dipindahkan ke sebelah kanan. Nama Anda juga akan ditempatkan di kiri atas dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya.

Slot bekas nama pengguna ini akan ditempati oleh jumlah follower dan following. Jumlah follower dan following ini didesain dengan ukuran teks yang lebih kecil.

InstagramTampilan ujicoba halaman baru Instagram (Dok. Instagram)
Instagram juga merubah ikon grid, post, dan tagged menjadi teks. Sementara itu, tab yang berisi fitur untuk melihat foto atau story dengan "Close Friend" dihilangkan. Tab ini akan digantikan dengan IGTV.

Instagram juga memudahkan penggunanya untuk mengirimkan message ke akun lain. Ketika mengunjungi profil akun lain, tombol message akan muncul bersebelahan dengan tombol follow. Sebelumnya kita harus menekan tombol di kanan pojok atas untuk mengirimkan pesan

Lebih lanjut, Instagram juga akan memudahkan pengguna untuk melihat jumlah follower dan following sekaligus. Saat pengguna ingin melihat follower akun lain, Instagram memasukkan fitur terbaru yakni mutual friend.

Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk melihat siapa saja teman yang berada di jaringan sosialnya yang mengikuti akun tersebut.

Jejaring sosial milik Facebook ini berencana untuk melanjutkan eksperimen dan untuk mendapatkan timbal balik dari pengguna. Artinya pembaruan ini masih bisa berubah seiring dengan masukan-masukan dari pengguna.

"Kami bekerja pada perubahan ini, dan akan menguji kombinasi yang berbeda secara bertahap selama beberapa minggu ke depan dengan komunitas kami Kami akan terus bereksperimen dan memperbarui pengalaman berdasarkan timbal balik anda," kata Instagram. (age)