Apple Depak Aplikasi WhatsApp Stiker dari App Store

CNN Indonesia | Jumat, 23/11/2018 15:34 WIB
Apple Depak Aplikasi WhatsApp Stiker dari App Store Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengguna WhatsApp di iOS maupun Android baru-baru ini disuguhkan fitur stiker di dalam percakapan. Akan tetapi, kesenangan ini sepertinya akan berakhir bagi pengguna perangkat berbasis iOS lantaran apple berencana menghapus semua aplikasi WhatsApp stiker dari App Store.

Aplikasi tersebut berfungsi untuk menyimpan stiker buatan sendiri atau stiker hasil unduhan. Kemudian aplikasi ini akan menyinkronkan stiker ke Whatsapp sehingga pengguna bisa menggunakan koleksi stiker di percakapan.




Dilansir dari Gadgets 360, aplikasi-aplikasi ini dihapus karena dianggap melanggar panduan Apple untuk pengembang aplikasi. Setidaknya ada tiga alasan utama yang membuat Apple menghapus aplikasi pihak ketiga ini.

Pertama, terlalu banyak aplikasi dengan perilaku yang sama. Kedua, desain antarmuka (user interface) dari seluruh aplikasi kurang lebih sama. WhatsApp tidak akan menyetujui pengajuan yang pada intinya memiliki desain  yang sama.

Berdasarkan akun Twitter WABetaInfo, WhatsApp menganjurkan agar para pengembang aplikasi bisa memiliki desain UI untuk memenuhi peraturan Apple. 


Selain itu, aplikasi pihak ketiga juga mengharuskan pengguna untuk mengunduh aplikasi WhatsApp. Padahal kebijakan Apple melarang pengembang memberi syarat yang mengharuskan pengguna mengunduh dan memasang aplikasi.

Sejauh ini Apple belum memberikan keterangan resmi terkait hal ini.

Seperti diketahui pada Oktober lalu, WhatsApp baru mengumumkan dukungan untuk aplikasi pihak ketiga agar bisa menggarap aplikasi stiker pendukung bagi pemilik perangkat Android dan iOS.

Koleksi stiker WhatsApp sudah tersedia dan bisa diunduh gratis dalam aplikasi. Berbeda dengan aplikasi pesan instan lain seperti Line yang sebagian besar bisa didapatkan dengan cara membeli di toko aplikasi, WhatsApp justru menyediakan gratis dan memberi kesempatan pengguna berkreasi sendiri menggunakan aplikasi pihak ketiga.
(jnp/evn)