Tes Tabrak Wuling Confero Cuma 1 Bintang

CNN Indonesia | Jumat, 23/11/2018 17:52 WIB
Tes Tabrak Wuling Confero Cuma 1 Bintang Wuling Confero 1-bintang ASEAN NCAP. (Foto: ASEAN NCAP)
Jakarta, CNN Indonesia -- ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) mengumumkan hasil uji tabrak mereka pada periode kuartal tiga dan empat, yaitu Suzuki Swift, Proton X70, Tata Super Ace, dan Wuling Confero.

Super Ace dan Confero merupakan model yang dijual di Indonesia dan keduanya mendapatkan hasil buruk. Pikap kecil Super Ace produksi India ini mendapatkan rating nol bintang, sedangkan Low MPV Confero yang dilahirkan di Indonesia cuma sanggup meraih 1 bintang.


Super Ace


Tata Super Ace yang diuji merupakan model year 2018 dengan mesin 1.400 cc, seberat 1.260 kg, dan tanpa kantong udara (airbag). Total skor yang didapat 19,15 atau setara nol bintang.

Ujian buat Super Ace dilakukan pada November lalu. Pada tes tabrak depan, pengemudi menderita cedera pada seluruh tubuh. Sedangkan penumpang depan minim perlindungan hingga kemungkinan bakal mendapat cedera serius di kaki bagian bawah.

Super Ace hanya bisa diuji pada aspek Perlindungan Penumpang Dewasa (AOP). Sedangkan Perlindungan Penumpang Anak (COP) dan Fitur Bantuan Keamanan (Safety Assist) tidak bisa dilakukan karena Super Ace minus ruang penumpang belakang dan tidak punya fitur-fitur keselamatan yang berkaitan.

[Gambas:Youtube]

Confero

Sedangkan Confero yang diuji diproduksi di Indonesia pada 2018 dan diketahui model pesaing Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga ini tidak dijual di Asia Tenggara selain Indonesia. Varian yang diuji adalah Confero 1.5L DVVT, seberat 1.215 kg, tanpa airbag.

Dari pernyataan ASEAN NCAP, boneka pengemudi di dalam kabin Confero saat diuji tabrak depan menunjukkan cedera serius pada bagian kepala dan dada. Penumpang depan juga disebut minim perlindungan untuk bagian dada.

Confero merupakan model pertama Wuling yang diuji ASEAN NCAP. Total skor Confero yakni 36,94 poin atau hanya setara 1 bintang.

Model uji yang lain, X70, mendapatkan poin komulatif 89,24 atau setara lima bintang. Swift diganjar empat bintang karena total skor yang dikumpulkan 71,05 poin.

[Gambas:Youtube] (fea)


BACA JUGA