Siri Tampilkan Gambar Organ Intim Pria Saat Ditanya Trump

CNN Indonesia | Minggu, 25/11/2018 05:00 WIB
Siri Tampilkan Gambar Organ Intim Pria Saat Ditanya Trump Ilustrasi. (AFP PHOTO / Mandy Cheng)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asisten Digital AppleSiri menampilkan gambar kemaluan pria saat ditanya umur Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Ketika Siri ditanya mengenai umur Trump, muncul informasi dari Wikipedia dengan foto kemaluan pria alih-alih foto presiden ke 45 ini.

The Verge menjadi media pertama yang melaporkan kesalahan ini. Diduga kesalahan ini terjadi karena seseorang mengedit halaman Wikipedia Donald Trump. Bisa juga kesalahan ini diakibatkan oleh algoritme Wikipedia ketika mengambil gambar.

Moderator Wikipedia mengakui kesalahan ini disebabkan oleh seorang editor Wikipedia yang mengganti informasi di halaman Wikipedia Donald Trump.
Jumlah pelaku yang terlibat berjumlah lebih dari satu orang. Seperti yang diketahui siapapun bisa mengganti atau menambahkan informasi di Wikipedia.


"Mereka sekarang telah diblokir tanpa batas," ujar moderator tersebut.

Kesalahan Siri ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya Siri menganggap bahwa lagu nasional negara Bulgaria adalah "Despacito" yang dinyanyikan Luis Fonsi dan Justin Bieber. Trump bukan kali ini saja mengalami penghinaan. Empat bulan lalu ketika Anda mengetikan kata "Idiot" di mesin pencari Google akan muncul foto Trump.

Manipulasi algoritme ini dilakukan oleh user situs Reddit yang menautkan foto Trump dengan kata kunci idiot. Para pengguna Reddit ini kemudian melakukan update postingan foto Trump yang dikaitkan dengan kata idiot.

Siri dibekali dengan kecerdasan buatan untuk membantu aktivitas manusia, mulai dari pencarian informasi atau melakukan panggilan telepon melalui perintah suara. (jnp/age)