Amazon Tak Sengaja Ekspos Nama dan Surel Konsumen

CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 07:28 WIB
Amazon Tak Sengaja Ekspos Nama dan Surel Konsumen Ilustrasi. (AFP PHOTO / JOHN MACDOUGALL)
Jakarta, CNN Indonesia -- Amazon mengungkap tidak sengaja mengekspos beberapa nama dan email penggunanya. Amazon mengatakan masalah ini terjadi akibat kesalahan teknis.

Dilansir dari CNET, kesalahan teknis menyebabkan tereksposnya beberapa nama dan e-mail pengguna. Amazon menjamin situs web dan sistemnya tidak diterobos peretas.

"Kami telah memperbaiki masalah ini dan memberi tahu pelanggan yang mungkin terkena dampak," kata seorang juru bicara Amazon dalam sebuah pernyataan.
Amazon kemudian mengirimkan email kepada pengguna yang terdampak sebagai pemberitahuan. Amazon dalam email tersebut mengatakan pengguna tidak perlu mengubah kata sandi atau tindakan apa pun.




Kendati demikian Amazon tidak mengungkapkan berapa banyak akun dan email yang terekspos. Dalam postingan di forum, masalah ini berdampak pada pengguna, bukan akun bisnis di platform.

Dilansir dari The Verge, pengguna Twitter di Eropa dan Amerika Serikat telah melaporkan keberadaan email tersebut. Masalah ini tentu sangat merugikan bagi Amazon menjelang pesta diskon Black Friday. Belum lagi mengingat hari Thanksgiving dan Cyber Monday.

Bulan lalu, seorang karyawan Amazon dipecat setelah menjual email pelanggan ke penjual pihak ketiga anonim. Tentu hal ini melanggar kebijakan perusahaan (jnp/age)