China Dapat SUV Listrik Berbasis HR-V

gfs, CNN Indonesia | Selasa, 27/11/2018 14:45 WIB
China Dapat SUV Listrik Berbasis HR-V SUV listrik Everus VE-1 berbasis Honda HR-V. (Foto: honda.com.cn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Honda sudah memperkenalkan mobil listrik berbasis crossover HR-V pada April lalu. Kini, Honda dan partner lokal di China, GAC Group, membuat versi produksi massalnya eksklusif untuk pasar China.

Model produksi massal itu kini dipamerkan di Guangzhou Auto Show. Model ini diberi nama Everus VE-1.

Diberitakan Insideevs, VE-1 disebut menggunakan baterai bertenaga 53,6 kWh yang dapat membawanya melaju hingga 340 km. Selain itu, motor listrik yang dimilikinya mampu menghasilkan 163 tenaga kuda dan torsi 280 Nm.


VE-1 diduga punya banyak kesamaan dengan HR-V, misalnya pada bagian panel bodi dan gagang pintu samping belakang yang ada di lokasi tinggi. Meski begitu, VE-1 dapat sentuhan futuristis seperti mobil listrik pada umumnya.

Dimensi VE-1 yaitu panjang 4,3 meter, lebar 1,8 meter, tinggi 1,6 meter, dan wheelbase 2,6 meter. Sebagai pelengkap mobil ini memakai pelek berukuran 17 inci.

Ada tiga mode berkendara pada VE-1 yang dapat diatur pengemudi sesuai kondisi jalan. Ketiga mode tersebut adalah Normal, Battery Saver, dan Sport.

Honda dan GAC diketahui telah menanamkan investasi 3,27 miliar yuan (Rp6,8 triliun) untuk membangun pabrik baru di China. Pabrik tersebut bakal digunakan memproduksi 170 ribu mobil hibrida dan listrik setiap tahunnya.

Selain VE-1, pabrik itu juga akan memproduksi HR-V listrik dan SUV listrik GAC Trumpchi GS4. Dua mobil tersebut sama-sama akan dijual di dealer Honda di China yang dioperasikan GAC. (fea)