Naik Motor, Gadis 18 Tahun Ngebut Sampai 252 Km per Jam

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/11/2018 13:23 WIB
Naik Motor, Gadis 18 Tahun Ngebut Sampai 252 Km per Jam Cayla Rivas duduk di motor Royal Enfield Continental GT 650 Twin. (Foto: Royal Enfield)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cayla Rivas, cewek berusia 18 tahun berani menunggangi sepeda motor Royal Enfield Continental GT 650 Twin hingga kecepatan 157,053 mph atau 252,75 km per jam di padang garam, Utah, Amerika Serikat.

Motor yang ia tunggangi bukan motor sembarangan. Continental GT 650 Twin sudah dimodifikasi terutama di sektor mesin dan sasis, hasil kolaborasi Royal Enfield bekerjasama dengan S&S Cycle dan Harris Performance. S&S Cycle mengerjakan mesin, sementara Harris Performance merancang sasis untuk motor tersebut.

Klaim perusahaan, ini merupakan inisiatif motor custom yang paling inovatif dari Royal Enfield dalam upaya membangun Bonneville.


"Keyakinan sang pengendara, digabung dengan kompetensi tim teknik dan desain yang berfokus pada proyek ini dan menghasilkan pencapaian sukses," kata Royal Enfield melalui keterangan tertulisnya yang dikutip Senin (26/11).

Sepeda motor custom Bonneville Salt Flat begitu julukannya, sebelumnya sempat diuji di tempat yang sama. Namun kecepatan berada di bawah capaian saat ini yaitu 132 mph tanpa sokongan komponen turbo.
Cayla Rivas duduk di motor Royal Enfield Continental GT 650 Twin.Cayla Rivas duduk di motor Royal Enfield Continental GT 650 Twin. (Foto: Royal Enfield)
Lantaran kurang puas, tim akhirnya kembali merombak sepeda motor hingga menambahkan turbo. Tim mekanik juga mengubah gigi rasio, penyesuaian kaki-kaki dan perbaikan kecil lain.

Atas ubahan tersebut akhirnya tim berhasil meraih kecepatan tertinggi yang diinginkan. Atas pencapaian ini, Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) kepincut untuk bisa memberikan penghargaan.

Sekilah tentang Royal Enfield Continental GT 650, ini adalah sepeda motor model produksi menggunakan mesin dua silinder 648 cc terbaru dari Royal Enfiel. Mesin dilengkapi pendingin udara tersebut mampu melontarkan tenaga 47 tenaga kuda dengan torsi puncak mencapai 52 Nm.

Royal Enfield Continental GT 650 Twin di padang garam, Utah, Amerika Serikat.Royal Enfield Continental GT 650 Twin di padang garam, Utah, Amerika Serikat. (Foto: Royal Enfield)
(ryh/mik)


BACA JUGA