FOTO: Penampakan Permukaan Planet Mars

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 28/11/2018 08:52 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Berbagai gambaran mengenai permukaan planet mars. Planet yang dijuluki planet merah ini memiliki berbagai musim layaknya bumi.

Sebuah kawah yang terbentuk dari tubrukan di Mars. Gambar ini diambil dari kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) pada Mars Reconnaissance Orbiter NASA pada 2013 lalu. (REUTERS/NASA)
Sebuah bukit pasir barchan muncul dengan warna biru kehijauan di permukaan Mars dalam gambar yang diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter, 24 Januari 2018. (NASA via REUTERS)
Pandangan Ophir Chasma di bagian utara tebing Mars yang luas, Vallles Marineris. Foto ini masih oleh Mars Reconnaissance Orbiter NASA pada 10 Agustus 2015. (REUTERS/NASA)
Permukaan Mars yang kering dan berdebu terlihat setelah terkena pukulan meteoroid dan meledak. Kejadian ini menciptakan kawah sepanjang 5 meter yang memicu longsoran satu kilometer panjang, atau longsoran salju. (NASA via REUTERS)
Bukit pasir paling utara di Mars bernama Marsi menampakan usainya musim dingin dengan es karbondioksida. Bintik gelap adalah tempat di mana es retak dan awal musim semi, melepaskan pasir. (REUTERS/NASA)
Nili Patera, salah satu gundukan paling aktif di planet Mars. Dengan memantau perubahan gundukan pasir, NASA dapat menentukan bagaimana angin bervariasi secara musiman dan tahun ke tahun. (REUTERS/NASA)
Gundukan pasir di Mars yang mulai terlepas dari lapisan es musiman selama awal musim panas Mars, dengan kantong es masih terlihat di area yang terlindungi. (NASA via REUTERS)
Bagian permukaan Mars menunjukkan banyak saluran pada lereng curam di cekungan Hellas. Para ilmuwan telah menemukan bukti pertama bahwa air asin dapat mengalir di permukaan Mars selama musim panas planet ini. (REUTERS/NASA)