Mitsubishi 'Rela' Impor Pajero Sport Lagi demi Xpander

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/11/2018 18:57 WIB
Mitsubishi 'Rela' Impor Pajero Sport Lagi demi Xpander Status impor Pajero Sport dalam waktu dekat akan kembali disematkan. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Pajero Sport dikabarkan akan kembali mengantongi status impor atau completely built up (CBU) untuk pasar Indonesia. Rencana ini sudah disampaikan pihak Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kepada Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mengalihkan produksi lokal Pajero Sport menjadi impor.

Permintaan itu disebut agar produksi Xpander di dalam negeri bisa ditingkatkan demi memenuhi kebutuhan konsumen yang bukan hanya berasal dari domestik tetapi juga ekspor.

Pada 2017 pabrik baru Mitsubishi yang berada di Bekasi, Jawa Barat, sudah mulai memproduksi Pajero Sport. Sebelumnya, SUV pesaing Toyota Fortuner dan Isuzu MU-X itu diimpor dari Thailand. Pajero Sport merupakan model pertama yang diproduksi di pabrik Bekasi. Setelah itu Xpander menyusul menjadi model kedua.


Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika mengatakan bahwa permintaan Mitsubishi mengimpor Pajero Sport diungkapkan oleh Chief Executive Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko dalam kunjungannya ke Jakarta pada awal Oktober 2018.

Saat itu Masuko mengumumkan bakal meningkatkan kapasitas pabrik di Bekasi mencapai titik maksimum, yaitu 220 ribu unit per tahun pada tahun fiskal 2020 (April 2020 - Maret 2021). Peningkatan ini dimodali investasi baru 4 miliar yen (Rp540 miliar).

Saat kapasitas produksi meningkat, produksi Xpander direncanakan 160 ribu unit per tahun sementara saat ini produksi Xpander 115 ribu per tahun. Seiring peningkatan itu Mitsubishi juga bakal mendongkrak kuota produksi untuk ekspor dari 30 ribu unit per tahun saat ini menjadi 50 ribu unit per tahun.

Selama menunggu peningkatan kapasitas pabrik tahun depan, jalur produksi Pajero Sport bakal digunakan buat menghasilkan lebih banyak Xpander. Putu menyebut permintaan Xpander sudah begitu besar, sementara Mitsubishi belum bisa berekspansi, sedangkan Mitsubishi harus memenuhi kontrak ekspor.

"Kemarin di Gran Melia, CEO kan datang, 'kami akan menginvestasi 4 miliar yen untuk menambah kapasitas produksi' ... sedangkan konsumen sudah pesan [Xpander], untuk sementara diimpor Pajero Sport," kata Putu di Jakarta, Selasa (27/11).

Menurut Putu permintaan impor Pajero Sport hanya sementara, disebut tidak sampai setahun. Putu juga belum bisa memastikan apakah izin impor sudah disetujui Kemenperin atau belum.

"Untuk sementara ini semuanya CBU nanti akan ekspansi dan kerja sama dengan Nissan untuk pendalaman," ucap Putu.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi MMKSI terkait informasi ini. Pihak MMKSI menyatakan bakal memberikan pernyataan dalam waktu dekat. (fea/mik)