Cek Lima Cara Mudah Kirim Paket Anti Ribet

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Rabu, 28/11/2018 12:25 WIB
Cek Lima Cara Mudah Kirim Paket Anti Ribet Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dikenal sebagai penyedia jasa transportasi berbasis aplikasi, Grab mulai serius menggarap jasa pengiriman barang dan paket. Grab lewat layanan GrabExpress kini membuat jasa kurir semudah memesan ojek.

Anda hanya perlu melakukan lima langkah untuk mulai memesan jasa kurir.

Pertama, buka aplikasi Grab pada ponsel Anda untuk memudahkan GrabExpress mendeteksi lokasi. Anda akan diminta memasukkan tujuan untuk mendapatkan informasi biaya pengiriman paket.


Kedua, masukkan data penerima. Pastikan data dimasukkan secara rinci untuk memudahkan pengemudi GrabExpress mengantarkan paket atau dokumen.

Ketiga, GrabExpress akan mendapatkan pengemudi terdekat dari lokasi pengambilan paket. Setelah mengonfirmasi pesanan, pengemudi akan mengambil paket untuk dikirimkan.

Kelima, pastikan informasi mengenai nama dan nomor plat kendaraan pengemudi sesuai dengan yang terdapat pada aplikasi. Jangan ragu untuk mengontak pusat bantuan Grab jika ada sesuatu yang mencurigakan atau perbedaan informasi. Lacak perjalanan pengemudi dan bagikan informasi pengiriman paket kepada penerima lewat fitur 'share my rides'.

Sebagai penyedia jasa kurir, GrabExpress memastikan barang yang dirikimkan dilindungi asuransi. Kendati demikian, GrabExpress tidak menerima pengiriman barang berupa pecah belah yang tidak dikemas baik, makanan dan minum yang butuh penanganan khusus, minuman beralkohol, obat-obatan, perhiasan, uang tunai, dan benda lain yang dilarang dalam Undang-Undang RI.

Grab memastikan pengguna tidak mengirimkan paket melebih berat 5 kilogram atau dimensi 25x32x12 cm. Jasa pengiriman GrabExpress bisa digunakan dengan tarif mulai dari Rp2.500 per kilometer dengan tarif minimum Rp15 ribu untuk area Jabodetabek. (evn)