Fitur GrabExpress Car Sasar UMKM Kirim Logistik Besar

CNN Indonesia | Rabu, 28/11/2018 18:59 WIB
Fitur GrabExpress Car Sasar UMKM Kirim Logistik Besar Peluncuran Grab Express Car (CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab baru saja memperkenalkan layanan GrabExpress Car dan fitur GrabExpress Nalangin di Indonesia pada Rabu (28/11). Kedua fitur baru diluncurkan untuk membantu wirausahawan mikro yang umumnya memanfaatkan penjualan online.

Head of 2 Wheels Transport & Logistics Grab Indonesia Gita Prihanto mengatakan saat ini pelanggan dan merchant memiliki pikihan baru.

"Pelanggan dan merchant kini memiliki pilihan baru yang dapat mengakomodir kebutuhan mereka, khususnya untuk jumlah pengantaran yang lebih banyak dan jarak yang lebih jauh," terang dalam konferensi pers, Rabu (28/11) di JS Luwansa, Jakarta Selatan.


Sebagai langkah pembuka, layanan GrabExpress Car baru hadir bagi pelanggan di Jabodetabek. Dalam sekali pemesanan, wirausahawan dapat mengirimkan paket ke lima destinasi sekaligus.
Layanan ini memungkinkan pengiriman barang dengan kapasitas hingga 150 kg dalam sekali pemesanan. Gita menerangkan perusahaan akan memberdayakan mobil six seater untuk layanan ini setiap harinya.

Pengiriman instan ini juga bersamaan dengan jaminan keamanan karena adanya perlindungan asuransi, bukti pengiriman dan fitur pelacakan kiriman.

Tak hanya memudahkan dan aman, Grab juga berharap layanan baru ini akan menekan harga pengiriman paket untuk konsumen para penjualan.

"Tarif antar barang akan jadi lebih hemat mulai dari Rp16 ribu untuk pengantaran di wilayah Jabodetabek, serta potongan harga khusus bagi pengguna GrabExpress baru," sambung Gita.
Untuk pembagian biaya pengiriman bagi konsumen, Gita menerangkan bahwa hal itu tergantung pada kebijakan setiap penjual atau pengirim paket. Grab hanya akan menagihkan biaya total pengiriman di lima destinasi pengiriman paket kepada pengirim barang.

Sementara GrabExpress Nalangin hadir untuk menjadi solusi Cash on Delivery (COD) bagi pelanggan yang biasanya ingin melakukan transaksi tanpa melalui bank. Fitur baru ini akan dilayani dengan armada sepeda motor.

Pengemudi GrabBike akan menuju lokasi pengambilan produk dan membayarkan biaya pembelian produk terlebih dahulu ke pengguna dengan maksimal nominal sebesar Rp200.000.

Namun sebagai batasannya, mitra hanya akan mengirimkan produk ke lokasi pengiriman dengan maksimum radius 30 km dari Jakarta. Dalam tahap uji coba, layanan GrabExpress Nalangin akan tersedia secara eksklusif bagi merchant yang melakukan pengiriman secara aktif dalam 3 bulan terakhir.
"Untuk ke kota lainnya, kami masih akan menunggu feedback dari teman-teman yang mencoba di Jakarta," pungkas Gita ketika ditanya kemungkinan hadirnya fitur ini secara nasional.

Potensi e-Commerce di Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia menyatakan bahwa peluncuran fitur dan layanan ini menanggapi peluang pertumbuhan bisnis e-commerce Indonesia.

Pertumbuhan sektor e-dagang ini diperkirakan mencapai 52 persen dari total peluang di seluruh Asia Tenggara dengan pertumbuhan 39 persen per tahun. Riset Google dan Temasek terbaru memperkirakan valuasi e-commerce mencapai US$46 miliar atau setara dengan Rp668 triliun pada 2025.
"Peluncuran fitur dan layanan GrabExpress Car dan fitur GrabExpress Nalangin menggarisbawahi keunggulan teknologi dan kemampuan Grab dalam menyediakan solusi lokal. Solusi ini pun menjawab tantangan para pengguna di Tanah Air, termasuk kebutuhan wirausahawan mikro di Indonesia yang terus berkembang," lanjut Ridzki.

Sebelumnya, GrabExpress telah hadir di 139 kota di Indonesia dengan armada sepeda motor. Sayangnya, Grab enggan mengungkap kontribusi bisnis logistik ini pada pendapatan perusahaan maupun targetnya ke depan. (kst/age)