Demi Harry Potter, Samsung Investasi Rp581 Miliar ke Niantic

CNN Indonesia | Sabtu, 01/12/2018 08:18 WIB
Demi Harry Potter, Samsung Investasi Rp581 Miliar ke Niantic ilustrasi. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung dilaporkan hampir menyepakati investasi senilai US$40 juta atau Rp581 miliar untuk Niantic, perusahaan game asal Amerika Serikat. Investasi itu dilakukan untuk distribusi eksklusif game mobile Harry Potter di handset Samsung.

Kendati demikian, BGR menyebut bahwa fokus utama dari kemitraan ini adalah produksi game Harry Potter yang diharapkan akan berhasil sebesar Pokemon Go yang juga dibangun Niantic. Stylus yang ada di Galaxy Note Samsung berikutnya bisa jadi tongkat sihir di permainan ini.

Namun, saat ini tidak jelas apakah game ini akan datang sebagai versi pengerjaan kembali dari game Niantic sebelumnya, 'Harry Potter: Wizards Unite title', yang rencananya akan dirilis pada 2019, atau sebagai game baru yang dirancang untuk handset Galaxy.
Sumber The Inquirer juga mengatakan bahwa kesepakatan itu mungkin akan memasukkan Ingress berbasis lokasi milik Niantic. Meskipun, franchise Pokémon Go yang menghasilkan uang untuk perusahaan tidak akan dimasukkan sebagai bagian dari kesepakatan ini. 


"Niantic ragu-ragu untuk bekerja sama untuk Pokémon Go, karena mereka sangat protektif terhadap waralaba itu," kata sumber seperti dikutip dari The Inquirer, Rabu (28/11).

Jika kesepakatan ini berhasil dibuat, kedua perusahaan akan sangat diuntungkan. Niantic akan mengumpulkan pendanaan besar yang sangat dibutuhkannya untuk IPO, sedangkan Samsung akan menonjol di antara vendor Android lainnya dengan game seluler tingkat tinggi.
"Setelah tawar-menawar yang panjang dan mendorong, Niantic menolak membuat fitur ini tanpa investasi besar dari Samsung, dan jumlah yang mereka peroleh adalah US$ 40 juta", lanjut sumber.

Pengumuman mengenai investasi ini kabarnya akan diumumkan sebelum 2018 berakhir jika kesepakatan terjadi. Sayangnya, Samsung menolak untuk memberikan konfirmasi mengenai hal ini. (kst/age)