Edukasi & Fitur

Alasan di Balik Kemudi Mobil yang Melingkar

CNN Indonesia | Rabu, 28/11/2018 22:16 WIB
Alasan di Balik Kemudi Mobil yang Melingkar Ilustrasi kemudi berupa lingkaran. (Foto: REUTERS/Maxim Shemetov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada beberapa hal di interior yang berlaku fundamental dan digunakan pada semua desain, tidak peduli apapun merek dan jenis mobilnya. Salah satunya yaitu kemudi yang wujudnya berupa lingkaran.

Lingkaran buat kemudi adalah hasil evolusi karena pada awalnya sistem kendali arah mobil bentuknya bermacam-macam. Menurut carfromjapan.com, ada tiga alasan mengapa desain kemudi melingkar pada akhirnya diterima dan digunakan oleh sebagian besar produsen kendaraan di seluruh dunia.

1. Prinsip Basik


Salah satu kemudi tertua bentuknya batang (tiller) seperti kendali perahu. Kemudi ini gampang digunakan tetapi tidak begitu presisi terutama untuk parkir.

Sejak saat itu ada beberapa jenis kemudi yang diciptakan. Sampai pada pada 1900-an kemudi melingkar menggantikan sepenuhnya bentuk batang.

Kemudi lingkar digunakan karena mudah dikendalikan, nyaman digenggam, presisi, dan murah untuk diproduksi.

2. Poros Kemudi

Hampir semua sistem kemudi memiliki poros yang berhubungan dengan roda untuk mengatur arah. Poros itu dinilai lebih baik dikendalikan oleh kemudi lingkar.

Bentuk kemudi melingkar menghadirkan genggaman yang ideal dan seimbang pada poros dari semua sudut, misalnya pada saat menikung atau putar balik. Di luar itu, kemudi melingkar juga membuat gerakan lengan jadi lebih enteng saat mengemudi.

3. Simetris Lebih Baik

Alasan lain mengapa kemudi lebih baik melingkar dipandang dari keunggulannya berupa simetris atau seimbang. Hal ini memudarkan beban tangan saat mengatur arah kemudi ke segala arah sehingga lebih mudah dikendalikan kendaraan.

Konsistensi yang ditawarkan kemudi berbentuk lingkaran memastikan pengendara dapat terus mengendalikan mobil sepenuhnya. Lebih lagi, roda kemudi melingkar juga lebih mudah dirawat. (gfs/fea)


BACA JUGA