Bidik Pasar Thailand, Grab Segera Luncurkan GrabPay by KBank

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/11/2018 06:18 WIB
Bidik Pasar Thailand, Grab Segera Luncurkan GrabPay by KBank Ilustrasi aplikasi transportasi online Grab. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab menjalin kemitraan dengan Kasikornbank (KBank) Thailand dan meluncurkan aplikasi e-wallet bernama GrabPay by KBank. Kemitraan ini telah diumumkan perusahaan beberapa waktu lalu dan akan meluncur pada awal 2019.

Lewat aplikasi tersebut, pelanggan Grab di Thailand dapat membayar layanan transportasi dan pengiriman, transfer dana, pembelian produk dan layanan secara online, dan melakukan pembayaran kode-QR di restoran dan toko di seluruh Thailand.

Melalui skema pembayaran elektronik nasional Thailand yang disebut PromptPay, tiga juta pedagang yang dilengkapi kode QR di negara itu akan dapat menerima pembayaran GrabPay by KBank.


Langkah Grab ini terbilang strategis mengingat 68 persen transaksi di negara itu masih dilakukan secara tunai.

Kemitraan ini menjadikan Grab Financial sebagai platform pembayaran ponsel pertama yang meluncurkan layanan pembayaran e-money-licensed di seluruh Asean-6.

KBank turut berinvestasi USD 50 juta (Rp726,1 miliar) di Grab sebagai bagian dari putaran penggalangan dana Grab yang sedang berlangsung, yang meliputi Toyota Motor Corporation, Microsoft Corp, Booking Holdings, dan Hyundai Motor Group.

Investasi ini adalah yang pertama bagi KBank di perusahaan internasional dengan bisnis inti di luar Thailand. Di luar e-wallet, fitur dari aplikasi K PLUS KBank dan aplikasi Grab akan diintegrasikan di kedua platform.

KBank dan Grab juga akan bersama-sama menawarkan produk ke basis pelanggan mereka, termasuk pinjaman untuk membantu pedagang mengembangkan bisnis mereka. Pelanggan juga akan ditawarkan akses ke 'Grab for Business' untuk meningkatkan manajemen biaya transportasi perusahaan, serta meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan melalui solusi periklanan Grab. (vws)