Saksikan Detik-detik Roket Soyuz Terbangkan 3 Astronaut

CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 09:54 WIB
Saksikan Detik-detik Roket Soyuz Terbangkan 3 Astronaut Ilustrasi (Yuri Kochetkov/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sore ini tiga astronaut akan meluncur ke stasiun luar angkasa internasional dari lapangan peluncuran Baikonur di Kazakhstan. Peluncuran akan dilakukan menggunakan Soyuz MS-11 pada pukul 17.31 (18.31 WIB) waktu setempat.

Ekpedisi 58 ini akan menjadi peluncuran pertama roket Soyuz setelah sebelumnya roket itu gagal menerbangkan seorang kosmonaut dan astronaut ke orbit pada Oktober lalu.

Kedua penjelajah antariksa ini dapat mendarat kembali ke bumi dengan selamat, meski roket pendorong Soyuz meledak di udara.



Youtube

Bagi pengguna yang penasaran untuk menyaksikan peluncuran ini, bisa menyaksikan siaran langsung lewat akun Youtube NASA.

[Gambas:Youtube]

Situs NASA

NASA juga merekam detik-detik peluncuran pesawat antariksa ini di situsnya jika Anda ketinggalan untuk menyaksikan siaran langsungnya. 

Media sosial

NASA juga biasanya membagikan galeri foto lewat akun media sosial mereka, seperti Flickr. Akun ini juga memberikan tampilan dibelakang layar ketika roket itu akan meluncur.

Pengguna juga bisa mengikuti akun media sosial NASA di twitter @NASA, @NASA_Astronauts, dan @ISS_CASIS untuk mendapat informasi terbaru soal peluncuran ini.



Sejak kecelakaan pada Oktober lalu itu, Soyuz telah empat kali meluncur. Namun, dari empat peluncuran itu hanya satu kali Soyuz meluncur dengan mesin yang dikenal dengan Soyuz FG.

Peluncuran pada November lalu itu berhasil mengorbitkan kapsul kargo yang disebut Progress. Dengan misi penerbangan astronot kali ini, Rusia hendak membuktikan bahwa Soyuz FG aman untuk penerbangan keluar angkasa.

[Gambas:Video CNN] (eks/eks)