Naik Xmax, Jokowi Rayakan 1,5 Juta Ekspor Motor Yamaha

Tim, CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 14:49 WIB
Naik Xmax, Jokowi Rayakan 1,5 Juta Ekspor Motor Yamaha Jokowi menunggani skutik mesin 250 cc, Xmax di pabrik Yamaha, Pulo Gadung Jakarta Timur pada hari ini Senin (3/12). (Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Coirul Anwar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo berkunjung ke pabrik PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia di pabrik Yamaha, Pulo Gadung Jakarta Timur pada hari ini Senin (3/12). Kehadiran Jokowi di sana untuk pencapaian ekspor sepeda motor Yamaha yang telah mencatatkan lebih dari 1,5 juta unit.

Dalam kunjungannya ke pabrik Yamaha, Jokowi sempat menunggangi skutik mesin 250 cc, Xmax.

Saat ini PT YIMM dipercaya oleh principal Yamaha Jepang untuk memenuhi kebutuhan motor Yamaha di pasar global.


Pada 2018 perkiraan ekspor Yamaha Indonesia mencapai 338.000 unit dan 5.300.000 CKD set atau naik 14,7 kali lipat dibanding dengan tahun 2014, dengan kandungan Lokal pada proses produksi sebesar 94 persen serta komposisi produksi untuk ekspor sebesar 25 persen dari produksi.

Kinerja ekspor tersebut secara signifikan memberikan dampak positif bagi Ekonomi Indonesia dengan mencatatkan surplus perdagangan sebesar US$ 813,6 juta atau setara Rp 11,8 triliun.

Hal tersebut direalisasikan melalui ekspor sepeda motor jenis Xmax, Nmax, LEXI, Aerox, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King dan beberapa model lain yang di ekspor ke 45 negara di 5 benua seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis, dan negara-negara di Asia, Afrika serta Australia.

Hal ini sekaligus menjadi bukti pengakuan dunia atas kualitas sepeda motor produksi Indonesia.

"Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global. Produk-produk Yamaha saat ini telah menjadi kebanggaan Indonesia yang mendunia" kata President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg Minoru Morimoto.

Jokowi menunggani skutik mesin 250 cc, Xmax di pabrik Yamaha, Pulo Gadung Jakarta Timur pada hari ini Senin (3/12).Jokowi menunggani skutik mesin 250 cc, Xmax di pabrik Yamaha, Pulo Gadung Jakarta Timur pada hari ini Senin (3/12). (Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Coirul Anwar)
Pada acara Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di JCC, Sabtu (3/11), Jokowi semringah dengan kinerja industri sepeda motor dalam negeri. Sepeda motor untuk kebutuhan ekspor itu disebut memiliki komponen bahan baku buatan dalam negeri hingga di atas 90 persen dan masuk ke 45 negara sahabat.

"Local content hampir rata-rata sudah di atas 90 persen, 95 persen, 97 persen. Saya kira ini sangat bagus sekali," imbuh Jokowi.

Jokowi naik Xmax ditemani Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi dan jajaran Yamaha Group serta stakeholders terkait lainnya. (ryh/mik)