Roket Soyuz MS-11 Berhasil Meluncur ke ISS

CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 19:06 WIB
Roket Soyuz MS-11 Berhasil Meluncur ke ISS Kru Soyuz MS-11 David Saint-Jacques dari Kanada. (Maxim Shipenkov/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Roket Soyuz MS-11 telah berhasil diluncurkan dari lapangan Baikonur di Kazakhstan menuju stasiun luar angkasa internasional (ISS) pukul 17.31 (18.31 WIB) waktu setempat.



Pada pukul 18:40 WIB, misi ini masuk pada tahap ketiga, di mana kapal antariksa berpisah dengan roket Soyuz MS-11. Pesawat ini akan menempuh waktu enam jam untuk sampai ke ISS.


Peluncuran dilakukan menggunakan roket Soyuz untuk mengantarkan tiga astronaut ke ISS dalam misi 195 hari. Roket Soyuz berhasil mengantarkan tiga penjelajah antariksa ini.



Ketiga astronaut ini adalah Anne McClain dari NASA, David Saint-Jacques dari Agensi Kanada dan Oleg Kononenko. Anggota kru akan menerima suplai dari SpaceX Dragon yang mengantarkan 5,800 pounds kebutuhan penelitian dan suplai.



Misi yang diemban oleh tiga astronaut ini adalah untuk mengantarkan keperluan-keperluan logistik untuk ISS. Lebih dari satu ton makanan, bahan bakar dan suplai logistik lainnya dikirimkan ke ISS.



Peluncuran ini dilakukan setelah roket Soyuz gagal membawa Aleksey Ovchinin Rusia dan astronot AS Nick Hague pada 11 Oktober hanya beberapa menit setelah peluncuran.

Kedua astronaut terpaksa melakukan pendaratan darurat dengan menggunakan kapsul darurat. Pendaratan ini terjadi setelah dua setengah menit meluncur dari Kazakhstan, roket itu terbelah di ketinggian 50 kilometer di udara. (jnp/age)