Punya 'Start-Stop Engine', Harga Avanza Baru Disebut Tak Naik

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 11:44 WIB
Punya 'Start-Stop Engine', Harga Avanza Baru Disebut Tak Naik Logo Toyota Avanza. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Poin kuat model facelift Avanza bukan hanya soal desain barunya tetapi soal harga.

Menurut keterangan dari pihak dealer Auto2000 yang diterima CNNIndonesia.com pada Selasa (4/12), Avanza baru tak mengalami kenaikan harga.

"Harga ga naik," kata tenaga penjualan Toyota.


Strategi ini diakui bakal mengulang kesuksesan generasi kedua Rush yang meluncur pada November 2017. Saat diumumkan pada Januari lalu, banderol "all-new" Rush tidak naik.

Hal itu jadi salah satu faktor yang bikin penjualannya pada tahun ini bisa meningkat hingga hampir tiga kali lipat. Cara itu juga diduga mampu merebut sebagian konsumen Mitsubishi Xpander.

Peluncuran Avanza baru direncanakan PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada Januari 2019, sumber juga menjelaskan peluncurannya bakal dibarengi peluncuran Camry terbaru.

Avanza terbaru mungkin di luar ekspektasi banyak orang, sebab tetap mempertahankan sistem gerak roda belakang.

Meski begitu, sistem mekanis yang unggul soal angkut beban saat tanjakan itu bakal dibungkus desain kekinian. Model terbaru Avanza dijelaskan punya wajah depan dan belakang serta lampu-lampu baru mirip Rush.

Detail lainnya, monitor layar sentuh koneksi internet via kabel, tombol start-stop engine, spion lipat, shark vin, panel AC digital, dan pelapis jok baru. Khusus varian Veloz dikatakan desainnya mirip Voxy.

Pada pertengahan November lalu kepala cabang dealer-dealer Toyota sudah mendapat materi presentasi Avanza terbaru, sedangkan pada pekan ini giliran para supervisor. Tidak ada satupun peserta presentasi yang diizinkan merekam gambar materi presentasi.

Stok Avanza habis

Dari keterangan sumber disebut pengiriman unit Avanza model lama sudah berhenti, kondisinya kini tinggal menghabiskan stok. Dealer menanti distribusi Avanza terbaru yang dikatakan bakal dikirim pada Desember.

"Kalau launching Januari, biasanya Desember sudah masuk unitnya," sebut sumber, Selasa (4/12).

Dijelaskan juga tidak ada perubahan pada sektor mesin, pilihannya masih jantung penggerak 1.300 cc dan 1.500 cc. Hal yang sama juga berlaku pada transmisi, tetap manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Daftar harga Avanza saat ini:

1.3 E M/T Rp191,1 juta
1.3 E A/T Rp202,3 juta
1.3 G A/T Rp208,95 juta
1.3 G A/T Rp219,65 juta
1.5 G M/T Rp221,25 juta

Veloz
1.3 Veloz M/T Rp215,65 juta
1.3 Veloz A/T Rp227,45 juta
1.5 Veloz M/T Rp227,65 juta
1.5 Veloz A/T Rp239,45 juta (fea/mik)