Quora Diserang Peretas, 100 Juta Data Pengguna Terancam

CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 20:08 WIB
Quora Diserang Peretas, 100 Juta Data Pengguna Terancam Ilustrasi. ( Istockphoto/gorodenkoff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situs tanya jawab Quora mengungkapkan data 100 juta pengguna diakses oleh peretas. Data-data yang diakses di antaranya alamat email, nama pengguna, kata sandi hingga data jejaring sosial yang tertaut ke akun Quora seperti Facebook dan Twitter.

"Quora menemukan pada hari Jumat bahwa salah satu sistemnya telah diretas oleh pihak ketiga yang jahat," kata CEO Adam D'Angelo seperti yang diwartakan CNN.

Peretas juga memperoleh aktivitas-aktivitas detail pengguna seperti pertanyaan, jawaban, upvote, dam downvotes. Akan tetapi pertanyaan dan jawaban yang ditulis secara anonim tidak terdampak oleh aksi peretas.
"Sebagian besar konten yang diakses sudah umum di Quora, tetapi kompromi akun dan informasi pribadi lainnya adalah serius," kata D'Angelo.


Quora saat ini gencar menginformasikan serangan peretas ini kepada para penggunanya. Quora melakukan log out ke akun-akun tersebut.

"Kami percaya kami telah mengidentifikasi penyebab utama dan mengambil langkah untuk mengatasi masalah ini. penyelidikan kami sedang berlangsung dan kami akan terus melakukan perbaikan keamanan," kata D'Angelo.
Quora ada situs di mana Anda bisa bertanya pertanyaan-pertanyaan yang spesifik. Pertanyaan tersebut kemudian akan dijawab oleh pengguna yang memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan Anda.

Sebelumnya Jaringan hotel Marriott (MAR) pekan lalu mengungkap sistem reservasinya diretas. Aksi peretasan ini berpotensi memaparkan informasi dari 500 juta tamu. (jnp/age)


ARTIKEL TERKAIT