Perang Diskon Pajero Sport Cs Hingga Puluhan Juta

CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 23:46 WIB
Perang Diskon Pajero Sport Cs Hingga Puluhan Juta Isuzu MU-X. (Foto: Courtesy of Isuzu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjelang akhir tahun diskon model Sport Utility Vehicle (SUV) kelas menengah makin menggiurkan. Potongan harga untuk Pajero Sport dan para rivalnya menarik untuk disimak.

Dari penelusuran CNNIndonesia.com ke sejumlah tenaga penjual dealer Mitsubishi, Toyota, Chevrolet, hingga Isuzu, diskon untuk deretan SUV tiga barisnya ada mencapai Rp45 juta.

Diskon terbesar dengan nilai Rp45 juta itu diberikan dealer Isuzu untuk MU-X. Tenaga penjual dari dealer Isuzu di Jakarta menyebut diskon dapat semakin besar tergantung kesepakatan akhir.


Diskon besar yang ditawarkan Isuzu mungkin sejalan dengan minimnya penjualan MU-X selama enam bulan pertama 2018. Diskon itu diharapkan mampu mengerek penjualan MU-X hingga akhir tahun.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-Juni menyebutkan wholesales MU-X hanya berjumlah 253 unit.

Diskon kedua terbesar ada pada Pajero Sport yang nilainya mencapai Rp38 juta. Diskon itu dikatakan tenaga penjual Mitsubishi sudah maksimal.

Sementara Toyota Fortuner potongan harganya tidak terpaut jauh dari Pajero Sport, yaitu Rp35 juta. Sama seperti Pajero, diskon ini sudah paling tinggi sehingga tak dapat dinaikan lagi.

Pada segmen SUV medium dengan sasis ladder frame, model terlaris adalah Pajero Sport dan Fortuner. Selama semester pertama 2018, Pajero Sport berhasil unggul dengan penjualan 11.021 unit, sedangkan Fortuner berhenti pada angka 9.072 unit.

Di sisi lain, Chevrolet juga menjadi salah satu produsen yang memangkas harga jual SUV-nya, yaity Trailblazer. Mobil ini harganya dipotong hingga Rp25 juta plus konsumen mendapat tambahan kit bodi.

Kompetitor paling muda di segmen ini, Nissan Terra, belum ditawarkan dengan diskon. Walau begitu Terra punya hal yang bisa menggoda, yakni harganya lebih murah dari Fortuner dan Pajero Sport.

"Diskon kami belum ada, paling hanya bonus seperti kaca film saja," ucap tenaga penjual Nissan di Jakarta yang tidak ingin disebutkan namanya. (ryh/fea)