Grab Ventures, Siasat Grab Rambah Jasa Hingga Layanan Hiburan

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 10:52 WIB
Grab Ventures, Siasat Grab Rambah Jasa Hingga Layanan Hiburan Ilustrasi. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan ride-hailing melalui program Grab Ventures sudah berkomitmen untuk investasi sebesar Rp3 triliun ke startup ciptaan anak bangsa. Saat ini ada tiga startup lintas sektor yang terpilih masuk ke program ini.

Pertama, startup penyedia layanan tiket film, olahraga dan event. Kedua , Minutes yang merupakan startup pemesanan cukur rambut. Ketiga, Sejasa.com yang merupakan aplikasi penghubung konsumen dengan penyedia jasa.

Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menjelaskan fase terakhir dalam program ini adalah integrasi layanan startup terpilih dengan platform Grab. Artinya Grab akan memiliki layanan pemesanan tiket hingga cukur rambut dalam aplikasinya.
"Fase 1 Grab Ventures sudah dijalankan, ada tiga startup yang sudah kita pilih untuk pendanaan dan juga pada akhirnya integrasi dengan platform kita. Tiga startup ini akan membantu pengguna kami," ujar Ridzki usai peluncuran GrabBike Lounge di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (4/12).


Nantinya, Grab akan terus menyeleksi startup yang akan diberi pendanaan. Namun, Ridzki menolak untuk memberikan jumlah startup yang akan diberi pendanaan.

Ridzki mengatakan salah satu pertimbangan kriteria startup yang dilirik oleh Grab adalah memiliki kesamaan dan mampu mendukung ekosistem layanan Grab. Kerja sama ini, menurut Grab akan menguntungkan bagi kedua belah pihak.
"Tentunya mereka sudah tidak perlu pengembangan awal, mereka sudah cukup mature. Yang pasti kecocokan dengan platform kita dan bisa serving kebutuhan mereka. Juga kehadiran kami di delapan negara, jadi membuka akses mereka juga," kata Ridzki.

Sebelumnya, Grab Ventures di Indonesia yang merupakan perpanjangan tangan dari inovasi terbaru perusahaan, dengan investasi senilai Rp 3 triliun (US$250 juta) bagi para startup Tanah Air. Grab Ventures bertujuan untuk membantu startup Indonesia pilihan untuk tumbuh lebih cepat di tingkat nasional dan juga Asia Tenggara.

Grab akan memberikan dukungan menyeluruh termasuk akses terhadap pasar (market access), mentorship, keahlian teknologi, dan investasi strategis. (jnp/age)