'Jojo Buka Baju' Jadi Bahasan Olahraga Populer di Twitter

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 15:16 WIB
'Jojo Buka Baju' Jadi Bahasan Olahraga Populer di Twitter Rame di Twitter 2018. (CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepanjang 2018, ajang olahraga menjadi salah satu yang menjadi buah bibir masyarakat. Di Indonesia sendiri, selain jadi tuan rumah Asian Games 2018, pertandingan sepakbola dan badminton selalu menyita perhatian netizen.

Data Twitter menunjukkan dari belasan tagar populer, enam tagar di antaranya berhubungan dengan olahraga yakni #AsianGames2018, #PSSIBisaApa #WorldCup #ClosingCeremonyAsianGames2018, #PersijaDay #AyoIndonesia.

Pebulutangkis Anthony Ginting saat cidera dan aksi buka baju Jonathan Christie menjadi salah satu bahasan paling populer sepanjang 2018 dari dunia olahraga. Country Head Twitter Indonesia Dwi Adriansyah mengungkapkan badminton dan sepakbola menjadi pembicaraan yang paling besar.
"Indonesia termasuk negara yg di mana akun olahraga paling besar. Setiap Timnas tanding dengan organik selalu jadi trending. Ginting saat cedera dan Jojo buka baju juga ramai," jelas Dwi, Rabu (5/11).


Dwi pun memaparkan 10 akun olahraga Indonesia yang paling banyak dibicarakan. Nomor 1 dan 2 ditempati akun @BadmintonTalk dan @MafiaWasit. Sementara itu, aku sepakbola @Persib dan @Persija_Jkt masing-masing menempati posisi ketiga dan keempat.

Sedangkan untuk tagar olahraga yang paling ramai digunakan sepanjang 2018 adalah #AsianGames2018, menyusul #WorldCup. Sama seperti akun terbanyak dibicarakan, tagar #PersijaDay dan #PersibDay menyusul di nomor 3 dan 4.
Sedangkan untuk atlet, Twitter mendata ada 10 atlet Indonesia yang paling banyak dibicarakan. Berikut urutannya:
1. Anthony Ginting
2. Jonathan Christie
3. Kevin Sanjaya
4. Lindswell Kwok
5. Lalu M. Zohri
6. Chritopher Rungkat
7. Bambang Pamungkas
8. Greysia Polli
9. Liliyana Natsir
10. Tontowi Ahmad

Communications Manager Twitter Indonesia Cipluk Carlita mengungkapkan bahwa sepanjang 2018, konten berisi jokes receh menjadi salah satu yang mendominasi percakapan di samping hiburan, olahraga dan politik.

"Tagar ini jokes receh yang membuat Twitter hidup di antara pengguna Indonesia," paparnya.

Saat ini, Twitter sudah mengakuisisi platform yang memberantas hatespeech. Twitter pun sudah menangguhkan 70 juta akun. Di samping itu, Twitter mencatat pengguna harian di Indonesia tumbuh double digit dibandingkan pengguna harian global. (kst/age)