Dominasi KPop di Jagad Twitter Indonesia Sepanjang 2018

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 18:59 WIB
Dominasi KPop di Jagad Twitter Indonesia Sepanjang 2018 Ilustrasi. (REUTERS/Thomas White)
Jakarta, CNN Indonesia -- Twitter menyebut 2018 sebagai tahun kejayaan KPop di seluruh dunia. Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk Twitter terbesar juga menyumbang banyak percakapan tentang budaya Korean Pop tersebut.

Dwi Ardiansyah Country Head Industry Twitter Indonesia-Malaysia mengungkapkan bahwa KPop menjadi salah satu topik yang mendominasi perbicangan di Twitter Indonesia. Tagar yang paling banyak dibicarakan netizen yang umumnya adalah warga berusia 21-35 tahun adalah #BTS dan #EXO, dua boyband paling populer di Indonesia saat ini.

Fans Bangtan Boys alias ARMY seringkali menggunakan tagar #BTS untuk menyatukan suara, untuk mencari dan berbagi informasi terkini mengenai idoal mereka.
Sementara itu, EXO bahkan sempat memiliki emoji sendiri di Twitter. Emoji tersebut digunakan untuk merayakan satu tahun akun Twitter resmi boyband D.O dan kawan-kawan tersebut yaitu @weareoneEXO. Hal yang sama juga dilakukan Twitter tahun ini khusus untuk EXO-L.


"Tapi selain itu sebetulnya ada juga percakapan lain mengenai KPop seperti BlackPink, #NCT, #Jimin #GOT7 yang juga ramai dibicarakan," ujar Dwi dalam konferensi per di Ice Palace, Jakarta Selatan, pada Rabu (5/11).

Tak hanya di tagar, sejumlah akun Twitter dari idol KPop juga marak diperbincangkan netizen Indonesia. Di antaranya adalah akun @BTS_twt, @weareoneEXO, @NCTsmtown, @pledis_17 dan lainnnya.
Selain itu, tagar yang ramai dicuitkan tentunya berkaitan dengan ajang olahraga seperti #AsianGames2018 dan #WorldCup yang digelar tahun ini. Dwi juga mengatakan bahwa #TimnasDay selalu trending secara organik setiap kali Tim Nasional Sepakbola Indonesia bertanding.

Tak ketinggalan tagar #PersijaDay juga selalu menjadi topik panas setiap kali Marco Simic dan timnya berlaga di rumput hijau.

Tagar lain yang senantiasa nangkring di jajaran trending Twitter sepanjang 2018 termasuk #JumatBerkah,#RecehkanTwitter dan #SambutRamadan. Dwi mengatakan bahwa pengguna Twitter memang cenderung berbicara hal-hal ringan meski ada pula yang berbau politik.

"Percakapan entertainment KPop itu selalu trending di Indonesia. Secara global Indonesia itu paling banyak cuitkan tentang Kpop," tambahnya. (kst)