Cek Cara Aman Berkendara Pakai Grabcar

CNN Indonesia | Sabtu, 08/12/2018 02:59 WIB
Cek Cara Aman Berkendara Pakai Grabcar Ilustrasi aplikasi Grab. (Foto: CNN Indonesia/Aditya Panji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab merespons serangkaian laporan kejadian kurang menyenangkan yang dialami penumpang dan pengemudi saat di perjalanan. Untuk memastikan kejadian tidak menyenangkan kembali terjadi, Grab merilis sejumlah fitur pada aplikasinya.

Setidaknya ada tiga fitur utama yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Grabcar. Ketiga fitur keamanan tersebut antara lain:

Tombol darurat (SOS)


Pengguna bisa menambahkan tiga kontak darurat dalam aplikasi mereka. Fitur pengingat otomatis ini bisa dinyalakan agar aplikasi memberikan notifikasi langsung ke kontak darurat saat mendeteksi pola perjalanan yang tidak biasa.

Fitur bagikan lokasi perjalanan

Melalui fitur ini, penumpang bisa membagikan tautan yang terhubung pada perjalanannya saat menggunakan Grabcar kepada orang-orang terdekat yang dapat dipantau secara real-time.

Uji coba penyamaran nomor telepon pribadi

Saat ini Grab tengah menguji coba penyamaran nomor telepon pribadi agar pengemudi dan penumpang tidak memiliki akses kepada nomor telepon pribadi masing-masing. Saat ini, fitur penyamaran tersebut telah diluncurkan di Jakarta dan akan diujicobakan di kota-kota lainnya.

Grab menyebut fitur ini membantu menekan kasus pelecehan terhadap penumpang hingga 70 persen pada empat minggu pertama masa uji coba

Hanya saja, satu hal yang harus dipastikan yakni Anda sudah mendaftarkan dan mengaktifkan nomor di aplikasi Grab. (evn/evn)