Nissan Bakal 'Recall' 150 ribu Unit Mobil

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 07/12/2018 17:26 WIB
Nissan Bakal 'Recall' 150 ribu Unit Mobil Nissan March. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nissan mengumumkan pada Jumat (7/12) rencana recall pada sekitar 150 ribu unit kendaraan terkait kesalahan pengetesan mobil baru. Hal ini seperti pukulan besar buat Nissan yang hingga sekarang masih berkutat perkara Carlos Ghosn.

"Nissan baru saja menemukan beberapa ketidaksesuaian yang mungkin menyebabkan penilaian lulus/tidak lulus tidak akurat saat proses inspeksi," tulis Nissan dalam pernyataan resmi, dikutip dari AFP.

Telah dikonfirmasi pengetesan yang salah dilakukan untuk rem, spidometer, dan sistem lainnya sebelum unit dikirim ke pabrik perakitan di Jepang.


Penarikan kembali ratusan ribu unit kendaraan itu meliputi 10 model, termasuk Note, March, Cube, dan mobil listrik Leaf yang diproduksi antara November 2017 hingga Oktober 2018.

Nissan belum memberikan informasi lain lebih rinci, namun dikatakan berencana menginformasikan soal recall kepada otoritas setempat pekan depan.

Recall besar Nissan seperti ini bukan yang pertama terjadi. Pada tahun lalu Nissan sudah menarik kembali sekitar 1 juta unit kendaraan. Hal itu dilakukan menyusul pengakuan Nissan bahwa inspeksi kendaraan dilakukan oleh pekerja yang tidak punya otoritas.

Pada Juli lalu, Nissan juga mengakui telah mengubah data emisi gas buang dan efisiensi bahan bakar yang menyulitkan perusahaan mengembalikan kepercayaan setelah kasus kesalahan inspeksi.


(fea)


BACA JUGA