Tips Otomotif

Memahami Guna 'Vitamin' Baterai Kendaraan

fea, CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 13:49 WIB
Memahami Guna 'Vitamin' Baterai Kendaraan Baterai alias aki sepeda motor. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Alat bantu kesehatan baterai kendaraan yang banyak dijual di pasaran menawarkan berbagai kelebihan. Namun menurut produsen baterai, alat bantu seperti itu sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Ada berbagai macam jenis alat bantu baterai yang pemasangannya plug and play, misalnya produk disebut mampu bikin tegangan makin stabil, meninggikan daya, dan menurunkan hambatan internal.

Tujuan akhirnya dikatakan memperpanjang usia baterai dan bahkan bisa membantu baterai soak tetap bisa dipakai.


"Dari pengalaman kami, alat itu hanya bersifat darurat," ujar Hadi, Direktur Wacana Prima Sentosa, pemilik produk baterai merek Massiv, di Jakarta, Kamis (6/12).

Menurut Hadi, alat bantu itu seperti vitamin buat baterai. Bila digunakan tidak apa-apa, tidak dipakai pun bukan masalah.

"Kalau dipakai dari baru pun itu membantu sedikit sekali, jadi agak buang-buang duit," ujar Hadi.

Hadi menjelaskan baterai kendaraan bakal mengalami penurunan voltase secara otomatis seiring pemakaian dan waktu. Menurut dia bila sudah selesai satu siklus baterai, perawatan seperti apapun tidak bisa membantu dan sudah jatahnya harus diganti.

Usia pemakaian aki buat mobil yang digunakan di Jakarta dikatakan Hadi hanya 12 - 15 bulan karena asumsinya beban kerja berat sebab sering macet. Sedangkan buat baterai sepeda motor di Jakarta masa pakainya sedikit lebih lama, yaitu 15 - 18 bulan.

Salah satu indikasi baterai mulai soak bisa dipahami dari gejala-gejala seperti proses starter tidak lagi mulus dan lampu-lampu meredup. Arus listrik ideal baterai sehat sekitar 12,4 - 12,7 Volt. (fea)


BACA JUGA