VIDEO: Adu Stabilitas Suspensi 4 SUV di Trek 'Offroad'

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 14:34 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Tren global saat ini cenderung menyukai kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV). Sebab jenis kendaraan itu cocok untuk kontur jalan rusak dan melibas genangan air, hingga medan offroad.

Namun membahas soal offroad, bermain offroad dengan mobil penumpang berprofil jangkung sudah biasa dilakukan. Kali ini, CNNIndonesia dan detikOto punya cara berbeda untuk membuktikan keandalan SUV-SUV yang dipasarkan di Indonesia.

Ada empat SUV yang kami jajal, yaitu Chevrolet Trailblazer, Isuzu MU-X, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Lokasinya di Desa Pelangi Village, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Pengujian kali ini menyelamatkan air dalam gelas yang kami sebut tantangan 'save water' yang bertujuan untuk mengetahui kestabilan suspensi kendaraan melahap jalan rusak. Dalam tantangan ini juga keahlian pengendara sangat dibutuhkan.

Segelas air ditempel pada bagian kap mobil, kemudian masing-masing SUV dipersilakan menyelesaikan 1 putaran trek offroad dengan kontur jalanan bergelombang, jalan menanjak, berbatu serta tikungan tajam.

Setiap pengendara diberikan tanggung jawab untuk menjaga volume air dalam gelas, selain tantangan menyentuh garis finis dengan waktu tercepat. Berikut hasilnya. (mik)