Karyawan Dealer Honda di India Bawa Kabur Uang Rp1,2 Miliar

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 23:02 WIB
Karyawan Dealer Honda di India Bawa Kabur Uang Rp1,2 Miliar Ilustrasi kabin Honda Brio. (Foto: Dok. Honda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pradip Maheria, karyawan Emerald Honda, salah satu dealer resmi Honda Car India melakukan penggelapan uang tunai sebesar Rs 60 lakhs atau sekitar Rp1,2 miliar.

Pelaku telah bekerja selama 8 tahun dan menjadi orang kepercayaan pemilik dealer, Kanaiyalal Thakkar. Menurut informasi Maheria kerap menyimpan uang tunai di bank hasil dari penjualan dan layanan mobil di dealer Honda.

Di hari kejadian, karyawan di bagian akunting, Pankaj Taylor menyatakan bahwa tas berisi uang tunai Rs.45 lakh yang dibawa Maheria seharusnya diberikan kepada pemilik perusahaan Thakkar di kediamannya di Thaltej.


Maheria dikatakan tidak sendiri, ia ditemani rekan satu perusahaan, yaitu Jagat Bhavsar. Maheria juga disebut membawa uang senilai Rs.15 lakh dari showroom lain di Parimal Garden. Namun Maheria kunjung sampai di rumah bosnya.

Thakkar yang merasa bosan tak mendapati kehadiran Maheria praktir menghubungi Taylor untuk meminta penjelasan. Taylor pun sigap mencoba menghubungi Maheria via telepon, namun naas menemukan bahwa nomor teleponnya tidak aktif.

Sementara ketika menghubungi Bhavsar, Taylor mengetahui bahwa Maheria menyuruh Bhavsar untuk menunggunya karena ada pekerjaan mendadak yang harus diselesaikan dan membuat janji akan kembali dalam lima menit. Bhavsar pun mengaku menunggu sampai Maheria tak kunjung datang.

Saat itu juga Taylor melaporkan kejadian kepada atasannya dan petugas polisi di Navrangpura. Investigasi dilakukan, dan polisi setempat telah mengumpulkan bukti termasuk rekaman CCTV dari area tersebut.

Hingga kasus ini ditangani polisi, nomor telepon Maheria tetap tidak bisa dihubungi seperti diberitakan Rushlane. (ryh/mik)