Tokopedia Kantongi Pendanaan Rp16 T dari Softbank dan Alibaba

CNN Indonesia | Rabu, 12/12/2018 11:30 WIB
Tokopedia Kantongi Pendanaan Rp16 T dari Softbank dan Alibaba CEO Tokopedia William Tanuwijaya. (Foto: CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tokopedia hari ini (12/12) mengumumkan perolehan putaran pendanaan baru sebesar US$1,1 miliar atau Rp16 triliun yang dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

Tokopedia mengatakan perusahaan akan fokus pada bisnis di Indonesia dan mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Tanah Air. Mereka berencana menggunakan dana segar ini untuk mendorong pembangunan teknologi dan infrastruktur.

William Tanuwijaya, CEO dan salah satu pendiri Tokopedia mengatakan bahwa selama sembilan tahun pertama mereka dihabiskan fokus untuk membangun marketplace yang menyediakan barang fisik serta digital. 


Memasuki tahun kesepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) yang memungkinkan teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan yang digunakan untuk perdagangan online maupun offline. 

"Ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia dan mengakselerasi terwujudnya misi besar kami untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia," lanjut William dalam keterangan tertulis, Selasa (12/12).

Sementara itu Lydia Jett, Senior Investor SoftBank Investment Advisers, dan Anggota Dewan Tokopedia mengklaim bahwa mereka telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia. 

Sementara itu, Kenny Ho, Head of Investment, Southeast Asia and India di Alibaba Group menyatakan bahwa pihaknya menanamkan modal di perusahaan e-commerce itu karena melihat visi yang sama.

"Kami melihat misi perusahaan kami, memudahkan untuk memulai dan membangun bisnis di mana saja, tercermin dalam perjalanan Tokopedia. Kami sangat antusias untuk mempererat hubungan kami dengan Tokopedia demi memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia," kata dia.

Tokopedia menyebut saat ini telah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia di lebih dari 17 ribu pulau. Tahun ini, Tokopedia mengklkaim gross merchandise value (GMV) meningkat hingga empat kali lipat. Sebanyak 25 persen transaksi yang terjadi dalam platformnya kini dilakukan dengan same day delivery (pengiriman di hari yang sama). (kst/evn)