8 Tip Ketika Jaringan 4G Telkomsel Lambat

CNN Indonesia | Rabu, 12/12/2018 17:24 WIB
8 Tip Ketika Jaringan 4G Telkomsel Lambat Ilustrasi (Dok. Telkomsel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pelanggan Telkomsel mengeluhkan lambatnya jaringan internet mereka. Beberapa mengeluhkan jaringan 4G mereka tidak bisa tersambung ke internet. Mereka pun terpaksa mengganti jaringan dari 4G ke 3G jika tetap ingin berinternet ria. Hal ini seperti dialami oleh Agustiyanti, seorang karyawan swasta.

"Sudah dua hari jaringan Telkomsel sulit akses internet di 4G. Mesti ganti jaringan ke 3G dulu baru bisa internetan lagi," tuturnya saat ditemui CNNIndonesia.com, Rabu (12/12).

Agustiyanti mengeluh bahwa masalah jaringan ini tidak hanya terjadi di satu titik saja. Tapi dialami selama ia dalam perjalanan di dalam kota Jakarta.


Hal serupa dikeluhkan seorang pengguna lain yang berdomisili di Solo, Ellany Mutiara.



Pengguna dari Sumatera Utara pun mengutarakan lambatnya jaringan internet Telkomsel, seperti dicuitkan Muhammad Irfan. Menurutnya kecepatan 4G Telkomsel hanya 0,2Kb/detik.



Menanggapi keluhan ini, Manager Media Relations Telkomsel Singue Kilatmaka menyebut masalah lambatnya internet bisa jadi bukan hanya karena masalah jaringan semata. Tapi bisa jadi masalahnya berasal dari perangkat pengguna.

"Untuk Jakarta, saat ini diinfokan jaringan dan traffic (lalu lintas) 4G masih aman secara keseluruhan. Kami sarankan berkala restart. Sering kali juga ada pengaruh dari performance hape-nya (ponsel)," jelasnya saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com terkait masalah jaringan 4G di Jakarta, Rabu (12/12).

Menurut Singue terlalu beratnya kerja ponsel seringkali berpengaruh terhadap kemampuan ponsel untuk mengakses jaringan broadband.

"Hardware-nya ngga kuat karena memory bekerja terus dan penuh, jadi perlu dipancing dulu," tuturnya.

Singue lantas memberikan beberapa tip bagi pengguna yang mengeluhkan internet lambat.

1. Kurangi aplikasi aktif
Tutup aplikasi yang aktif di latar belakang namun tidak tengah digunakan. Terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan bisa membuat ponsel bekerja terlalu berat dan sulit mengakses jaringan internet.

2. Restart
Mematikan dan menyalakan kembali ponsel secara berkala.

3. Bersihkan memori dan cache.
Untuk membersihkan, Anda bisa melakukannya secara manual lewat menu pengaturan atau dengan memasang aplikasi pembersih cache dan memori, seperti CCleaner, CleanMaster, NoxCleaner untuk Android. Ada juga aplikasi Quick Heal Optimizer, Magic Clean untuk iOS.

4. Kurangi penyimpanan
Kurangi penyimpanan foto dan video, karena file yang tersimpan terlalu besar akan memberatkan kerja memori.

5. Cek kuota
Pastikan kuota internet yang Anda miliki masih tersedia dan belum habis masa berlakunya.

6. Pindah lokasi
Jika mengakses internet dari dalam gedung, cobalah pindah ke bagian lain dari gedung yang memiliki koneksi jaringan lebih kuat.

7. Cek aplikasi dan situs web
Jika masalah ini hanya muncul ketika mengakses salah satu aplikasi atau situs web, pastikan bahwa tidak ada masalah pada aplikasi atau situs web tersebut. Cek hal tersebut dengan menggunakan aplikasi lain dan mengunjungi situs web lainnya.

8. Masalah jaringan
Jika seluruh langkah diatas telah dilakukan dan internet tetap bermasalah, kemungkinan masalahnya terletak pada jaringan Telkomsel. Kemungkinan titik BTS yang digunakan pengguna sedang tinggi lalu lintas datanya. (eks/eks)