Grab Bakal Rambah Bisnis Travel dan Jasa Kesehatan

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 01:51 WIB
Grab Bakal Rambah Bisnis Travel dan Jasa Kesehatan Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab yang selama ini dikenal sebagai penyedia jasa transportasi, kian melebarkan sayap bisnisnya. Jelang tahun 2019, co-founder Grab Hooi Ling Tin mengungkap dua layanan yang akan terintegrasi di aplikasi Grab.

Layanan baru yang dimaksud adalah travel dan kesehatan. Grab menggandeng booking.com untuk layanan travel dan Ping An Good Doctor dari China untuk jasa kesehatan.

Hooi Ling menerangkan potensi pertumbuhan bisnis di dua bidang tersebut menjadi alasan di balik rencana kemunculan layanan travel dan kesehatan.


"Kami melihat pola pengguna yang kerap menghabiskan uangnya kemana. Jasa liburan dan akomodasi serta kesehatan menjadi hal yang punya potensi untuk tumbuh di tahun depan," jelasnya saat diskusi media, Selasa (11/12).

Selain menggandeng dua perusahaan asing, perempuan asal Singapura ini menyebut tak menutup kemungkinan jika kedepan akan bekerja sama dengan mitra lokal yang berbisnis di dua ranah itu.

Khusus untuk jasa kesehatan, Hoo Ling mengatakan nantinya penguna bisa membuat janji konsultasi dengan dokter.

"Nantinya, pengguna Grab bisa membuat janji untuk berkonsultasi dengan dokter lewat kerja sama kami dengan Ping An Good Doctor," imbuhnya.

Ping An Good Doctor merupakan perusahaan asal China yang memiliki valuasi US$2 miliar yang memiliki 200 juta pengguna. Dengan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (AI) pengugna bisa mendapatkan konsultasi medis secara online, jasa pengantaran obat, hingga membuat janji konsultasi dengan dokter melalui aplikasi Grab. (evn)