Edukasi & Fitur

Mengerti Guna Gril Mobil dari Fungsi dan Estetika

CNN Indonesia | Rabu, 12/12/2018 23:20 WIB
Mengerti Guna Gril Mobil dari Fungsi dan Estetika Ilustrasi gril mobil. (Foto: Istockphoto/kyolshin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gril pada mobil merupakan perangkat yang punya fungsi dasar mengalirkan udara, terutama untuk menyuplai mesin buat proses pembakaran. Namun seiring perkembangan otomotif, gril bukan hanya soal fungsi tetapi juga jadi elemen penting yang sangat memengaruhi desain keseluruhan mobil.

Sebagian besar gril mobil berada di bagian paling depan, alasan utamanya karena pada umumnya mesin berada di depan. Walau begitu pada mobil bermesin di tengah seperti Ferrari GTC4Lusso atau Porsche Carrera GT dan mobil bermesin di belakang macam Bugatti Veyron atau BMW i8, posisi gril bisa jadi berada di tempat berbeda.

Sudah lumrah desain depan mobil diasosiasikan dengan wajah manusia. Kedua lampu besar diibaratkan mata, spion itu kuping, bemper itu mulut, sedangkan gril adalah hidung yang punya fungsi kira-kira sama yaitu mengalirkan udara, ke paru-paru.


Gril merupakan akses utama aliran udara menuju saringan udara mesin. Selain buat proses pembakaran mesin, aliran udara yang dialirkan gril juga digunakan buat pendinginan radiator.

Ilustrasi gril mobil. (Foto: Istockphoto/RiverNorthPhotography)

Pada umumnya gril punya bentuk bilah untuk mengarahkan udara. Selain itu gril juga lazim dilengkapi kasa yang gunanya buat menyaring kotoran sebelum udara masuk ke saringan udara atau radiator.

Banyak produsen otomotif dunia merancang gril dengan bentuk ikonis dan digunakan pada bervariasi model. Sehingga gril juga bisa digunakan sebagai petunjuk identitas merek.

Misalnya pada Roll Royce, sejak era 1900 hingga dibeli BMW pada 1998, gril merek asal Inggris ini tetap serupa. Bentuknya berbingkai kotak dengan aksentuasi perak yang diisi kisi-kisi vertikal plus Spirit of Ecstasy yang berada di atasnya.

Selain itu desain gril ikonis yang konsisten juga bisa ditemukan pada Jeep, Mazda, Lexus, serta Kia dengan tiger nose dan kidney grille pada BMW.

Seiring kemajuan teknologi dan perkembangan desain mobil, terutama karena sebagian besar produsen dunia mulai merangkai mobil listrik yang tidak butuh asupan udara karena minus mesin pembakaran dalam, gril mulai kehilangan fungsi fundamental hingga diasumsikan gunanya bakal hanya buat estetika. (fea)


BACA JUGA