Instagram Uji Fitur Khusus untuk 'Influencer' dan 'Seleb'

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 09:35 WIB
Instagram Uji Fitur Khusus untuk 'Influencer' dan 'Seleb' Ilustrasi (REUTERS/Amir Cohen)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram tengah menguji Creator Accounts yang akan digunakan oleh influencer dan selebritis populer. Akun ini punya kelebihan yaitu bisa menyaring pesan yang masuk dan menawarkan analisis yang lebih mendalam terhadap follower mereka.

Fitur baru ini tengah dicoba ke sebagian kecil pengguna seperti dilaporkan Hollywood Reporter. Diperkirakan layanan ini akan dicoba ke lebih banyak akun dengan profil kalangan selebriti lainnya tahun depan.

Dengan fitur untuk menyaring pesan masuk, artis bisa membatasi siapa saja yang bisa berbalas pesan dengannya. Influencer juga mendapat data soal berapa banyak orang yang mengikuti dan tak lagi mengikuti akun mereka.


Para influencer ini juga bisa melihat performa konten yang sudah mereka buat sehingga bisa menganalisa konten seperti apa yang lebih disukai. Data ini dikeluarkan setiap hari dan mingguan.

Para selebriti ini juga bisa menggunakan label berbeda untuk mengarahkan media massa dan keperluan bisnis ke saluran yang tepat. Permintaan pertemanan juga akan diurutkan dengan prioritas tertentu.

Fitur ini mirip dengan pengguna terverifikasi Twitter. Di Twitter pemilik akun terverifikasi bisa mengnedalikan kualitas linimasa mereka. Dengan cara ini, Instagram sepertinya ingin meningkatkan pengalaman mereka di aplikasi media sosial itu.

Ashley Yuki, Manager Produk Instagram menyebutkan bahwa mereka ingin membantu komunitas kreator di platform itu. Idenya adalah menciptakan tempat yang memberi pengalaman khusus sesuai kebutuhan kreator. Mereka juga akan terus memberikan lebih banyak alat untuk memudahkan kerja kreator di Instagram.

Instagram menjadi tempat yang makin menrarik bagi para pembuat konten, kreator, artis, dan influencer. Perusahaan ini sebelumnya telah membuat akun bisnis yang punya fitur khusus. Salah satunya adalah kemampuan untuk menambahkan label harga pada foto yang diposkan. (eks/eks)