Google Bakal Buka Kantor Perwakilan di Vietnam

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 15:41 WIB
Google Bakal Buka Kantor Perwakilan di Vietnam Google berencana buka kantor dan data center di Vietnam. (Foto: Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google diketahui berencana membuka kantor perwakilan untuk melanggengkan bisnis mereka dan sebagai upaya memenuhi regulasi pemerintah Vietnam.

Rencana raksasa teknologi asal AS ini merupakan respons atas permintaan pemerintah yang mensyaratkan perusahaan teknologi global untuk membuka kantor perwakilan di negaranya.

"Google akan mematuhi hukum negara sesuai kantor cabang berdiri. Kami memastikan pembukaan kantor cabang tak bertentangan dengan hukum internasional," ungkap senior vice president Google Kent Walker.


Dilansir Reuters, langkah Google merenspons rencana pemerintah Vietnam untuk menerapkan undang-undang keamanan siber yang dirilis bulan lalu dan rencananya akan berlaku bulan depan. Vietnam dengan latar belakang partai komunis dikenal memiliki kebijakan sensor ketat.

Dalam poin undang-undang siber mengharuskan perusahaan teknologi global membuka kantor cabang dan data center (pusat data) di negara tersebut jika mengumpulkan data dari pengguna lokal. Pemerintah telah menyusun kode etik mengenai akses internet yang salah satu syaratnya upaya lokalisasi bagi perusahaan teknologi asing.

Kementerian Keamanan mengatakan regulasi tersebut dibuat untuk melindungi negara dari potensi serangan siber yang bisa merugikan ekonomi dan mengancam keamanan. Regulasi ini terutama menyasar Google dan Facebook sebagai layanan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Vietnam.

Keberadaan kantor dan data center di dalam negeri disebut memungkinkan pemerintah mengambil tindakan jika ada tindakan anti-pemerintah, serangan siber, hingga ketidak mampuan perusahaan menghapus konten yang dianggap tidak sesuai.

Laporan yang dirilis situs pemerintah Vietnam, chinhphu.vn mengatakan Walker setuju dengan pemerintah Vietnam tentang perlunya keamanan siber untuk memastikan stabilitas keamanan masyarakat. Google pun menyebut akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk mewujudkan rencananya itu


Catatan redaksi: Judul artikel ini diubah pada Senin (17/12), sebelumnya berjudul "Google Bakal Buka Kantor dan Data Center di Vietnam". (evn/evn)