Perusahaan Telekomunikasi Jepang Bakal Ganti Perangkat Huawei

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 14:22 WIB
Perusahaan Telekomunikasi Jepang Bakal Ganti Perangkat Huawei Ilustrasi (AFP PHOTO / LLUIS GENE)
Jakarta, CNN Indonesia -- SoftBank Group asal Jepang berencana untuk mengganti perangkat jaringan 4G mereka. Mereka akan mengganti perangkat Huawei dengan Nokia dan Ericsson, seperti dilaporkan Nikkei tanpa menyebutkan sumbernya.

SoftBank juga akan memesan perangkat jaringan 5G lainnya dari dua pemasok asal Eropa itu alih-alih Huawei, seperti dikutip Reuters.

Langkah ini dilakukan ditengah makin ketatnya pengawasan terhadap perusahaan teknologi China oleh Washington. Beberapa negara sekutu juga mengikuti langkah AS dengan melarang penggunaan produk Huawei. Gak ubu dilakukan atas kekhawatiran bahwa produk ini digunakan oleh Beijing untuk memata-matai.


Senin lalu Jepang mengumumkan tengah mengajukan dokumen berupa pelarangan telekomunikasi asal China untuk digunakan dalam perangkat pemerintah. Pelarangan ini diajukan atas kekhawatiran terjadinya penyadapan telekomunikasi.

Namun, juru bicara pemerintah Yoshihide Suga menyebut bahwa mereka tidak berencana untuk meminta perusahaan swasta untuk membeli perangkat telekomunikasi perusahaan China itu, Kamis (12/12).

Pemerintah Jepang tidak secara eksplisit menyebut Huawei dan ZTE dalam pelarangannya itu. Sumber Reuters minggu lalu menyebut bahwa pelarangan ini ditujukan untuk mencegah instansi pemerintah melakukan pembelian perangkat dari dua perusahaan China itu. (eks/eks)