Virgin Galactic Kirim Pesawat Turis Luar Angkasa Pertama

CNN Indonesia | Jumat, 14/12/2018 18:38 WIB
Virgin Galactic Kirim Pesawat Turis Luar Angkasa Pertama Ilustrasi (REUTERS/Gene Blevins)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesawat luar angkasa SpaceShipTwo milik Virgin Galactic akhirnya berhasil mencapai luar angkasa untuk pertama kalinya. Uji terbang singkat suborbital mpada Kamis (13/12) dari California, AS. Pesawat ini punya misi untuk membawa turis-turis yang ingin berwisata selama 90 menit di luar angkasa.

Dalam penerbangan uji coba ini, SpaceShip Two membawa dua orang pilot dan sebuah manekin bernama Annie sebagai penumpang. Uji coba ini merupakan langkah awal misi CEO Richard Branson untuk mengirim wisatawan ke luar angkasa.

Namun, berbeda dengan peluncuran lain yang menumpang roket, pesawat antariksa Virgin Galactic lepas landas menumpang sebuah pesawat dari pangkalan udara Angkatan Udara AS di Mojave, California. Virgin Galactic menggunakan definisi antariksa berdasarkan standar Angkatan Udara AS.


Definisi ruang angkasa yang berlaku secara umum yakni 100 kilometer, sementara standar Angkatan Udara AS menganggap batas ruang menjadi lebih rendah yakni 80,5 km.

Dilaporkan AFP, SpaceShip Two berhasil mencapai ketinggian 13.100 meter kemudian menembakkan motor roket selama 60 detik dan berhasil mencapai ketinggian puncak atau apogee yakni 82,7 kilometer dari permukaan Bumi.

"Kami berhasil mencapai ruang angkasa," tulis Virgin Galactic lewat Twitter.



"Hari ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah sebuah pesawat luar angkasa dibangun untuk membawa penumpang mencapai ruang angkasa," tulis Branson dalam pernyataan resmi.

Ia mengaku bangga dengan pencapaian yang dilakukan timnya kali ini. "Ini adalah hari yang penting karena kami telah bersama-sama membuka babak baru eksplorasi ruang angkasa."

[Gambas:Video CNN] (AFP/evn)


ARTIKEL TERKAIT