Mobil Baru Toyota Siap 'Tarung' pada Tahun Politik 2019

CNN Indonesia | Jumat, 14/12/2018 17:03 WIB
Mobil Baru Toyota Siap 'Tarung' pada Tahun Politik 2019 Toyota Avanza. (Foto: CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin pasar otomotif roda empat di Indonesia, Toyota Astra Motor (TAM), sudah punya modal peluncuran mobil baru buat tahun depan yang bakal diisi agenda politik Pemilihan Presiden 2019. Pihak TAM menyatakan berencana meluncurkan mobil baru yang jumlahnya sebanyak tahun ini.

"Kami inginnya sama dengan tahun ini. Kalau tahun ini ada enam model baru," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, di Jakarta pada Selasa (11/12).

Mobil-mobil baru Toyota pada tahun ini termasuk model penyegaran ataupun yang benar-benar model baru karena belum pernah ada sebelumnya. Enam mobil baru yang dimaksud Soerjopranoto di antaranya adalah C-HR, Alphard, Vellfire, New Vios, dan New Yaris.


"Jadi kami kan ada improvement, minor change, full model change, atau malah new model. Jadi minimal sama dengan tahun ini ada enam," ucap Soerjopranoto.

Dia juga menjelaskan rencana peluncuran mobil baru Toyota bisa saja tertunda bila kondisi perekonomian sedang mendung. Bila baik-baik saja, rencana enam mobil baru dipastikan tidak berubah.

"Tapi timing [waktu peluncuran] tergantung pasar. Kalau pasar tidak oke ya hold," kata Soerjopranoto.

Soerjopranoto yang membawahi pengembangan produk Toyota di dalam negeri enggan menyebutkan detail mobil baru yang bakal diluncurkan, termasuk soal facelift Avanza yang dikabarkan akan meluncur pada Januari.

Dia cuma bilang mobil-mobil baru Toyota pada 2019 berjenis Multi Murpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), sedan hingga hatchback. (ryh/fea)