Sudah Ratusan SMK 'Koprek' Motor Honda

CNN Indonesia | Sabtu, 15/12/2018 03:18 WIB
Sudah Ratusan SMK 'Koprek' Motor Honda Siswa SMK koprek mesin Hond. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Astra Honda Motor (AHM) telah menjalin kerja sama dengan 686 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia. Upaya buat memajukan pengembangan pelajar ini telah dirintis AHM sejak 2010 silam.

SMK yang bekerja sama mendapatkan kurikulum wajib dari AHM, yaitu Teknis dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Selain itu, SMK rekanan juga menerima seperangkat alat praktik berupa sepeda motor Honda buat dikoprek siswa untuk pengetahuan, peralatan bengkel, modul penunjang pembelajaran, dan lainnya.

Ratusan SMK yang sudah menerapkan kurikulum TBSM Astra Honda tersebar di 34 provinsi di Indonesia dan 268 kabupaten atau kota.


"Harapannya, kompetensi bidang otomotif roda dua generasi muda di seluruh wilayah Tanah Air dapat semakin berkualitas," kata Direktur HR, GA, IT, SI AHM Markus Budiman, di SMK Negeri 3 Tanjung Selor, Kalimantan Utara, yang menjadi rekanan baru AHM pada Kamis (13/12).

Menurut Markus, AHM telah secara konsisten mengembangkan implementasi kurikulum TBSM Astra Honda di berbagai wilayah.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menambahkan upaya vokasi bakal berlanjut pada tahun depan . Meski begitu aktivitasnya disebut bakal berbeda.

Tahun depan, AHM dikatakan Muhibbuddin tidak akan membidik banyak rekanan baru. Fokus tahun depan disebut meningkatkan kualitas SMK-SMK yang sudah bekerjasama.

"Tahun ini misalnya 23 SMK [rekanan baru], tahun depan mungkin hanya 10 SMK. Jadi kami fokus pembinaan ke SMK yang sudah kerjasama," ucap Muhibbuddin. (ryh/fea)