Instagram Perketat Tagar Terkait Penyimpangan Pola Makan

CNN Indonesia | Senin, 17/12/2018 11:15 WIB
Instagram Perketat Tagar Terkait Penyimpangan Pola Makan Ilustrasi (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram memberi peringatan kepada beberapa tagar yang berkaitan dengan penyimpangan pola makan (eating disorder). Mereka menempatkan tagar-tagar ini dalam daftar unsearchable (tidak dapat dicari).

Mulai 2012, mulai membuat daftar kata-kata yang tak bisa dicari di situsnya, termasuk kata-kata yang berkaitan dengan penyimpangan pola makan.

Beberapa tagar sama sekali tak akan mengeluarkan hasil pencarian, sementara beberapa tagar lain akan mengeluarkan peringatan bagi pengguna. Peringatan ini memberi pengguna pilihan untuk mempelajari lebih lanjut, mencari bantuan atau tetap melihat konten tersebut.


Peringatan yang muncul di Instagram ketika mencari tagar yang masuk daftar 'tak dapat dicari' (Instagram)


Pada 2017, penelitian dari Universitas Exeter menunjukkan adanya akun-akun yang mempromosikan kelainan pola makan sebagai gaya hidup dan bukan penyakit mental.

Penelitian sebelumnya dari peneliti di Universitas Adelaide menemukan bahwa perempuan yang menggunakan tagar fitspiration di Instagram cenderung beresiko mengalami kelainan pola makan, seperti dilaporkan The Independent

Sebelumnya, BBC menemukan sejumlah kata terkait dengan bulimia masih bisa dicari. Di kolom pencarian, Instagram juga memberi alternatif pencarian yang akan mempromosikan kelainan itu. 

Dalam pernyataannya, Instagram menyebut kalau platform media sosial itu tidak menoleransi konten yang mendorong penyimpangan pola makan.

"Kami menggunakan perangkat dan tekbologi terkuat - termasuk pelaporan dalam aplikasi dan machine learning- untuk membantu mengidentifikasi dan menyingkirkannya," tulis pernyataan itu.

Jika pengguna memilih tagar berkaitan dengan bulimia dan memilih untuk mendapat bantuan, pengguna akan dibawa ke laman yang memberikan saran apakah pengguna ingin berbicara dengan teman, menghubungi saluran bantuan, atau mendapat tip dari Instagram.

Jika pengguna memilih untuk menghubungi saluran bantuan, pengguna akan diarahkan ke situs Befriender Worldwide untuk berkonsultasi. Namun, saat dicek, situs ini tidak menyediakan layanan konsultasi untuk pengguna di Indonesia. (eks/eks)