Dedi Ojol Pembeli MINI Cooper: Mobil Mewah Bikin Sakit Kepala

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 14:27 WIB
Dedi Ojol Pembeli MINI Cooper: Mobil Mewah Bikin Sakit Kepala Dedi membeli MINI Cooper senilai Rp12 ribu saat Hari Belanja Nasional (Harbolnas) di situs e-commerce Bukalapak. (Foto: Detikcom/Ruly Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dedi Heriyadi, seorang pengemudi ojek online (ojol) resmi menjadi pemilik MINI Cooper yang ia beli senilai Rp12 ribu saat Hari Belanja Nasional (Harbolnas) di situs e-commerce Bukalapak. Penyerahan mobil harga Rp700 jutaan ini berlangsung di Jakarta, kemarin.

Untuk membawa pulang MINI Cooper, Bukalapak cuma membebankan Dedi sebesar Rp12 ribu, dan tak ada pungutan biaya lain karena mobil bukan merupakan hadiah, tapi dibeli secara tunai dalam program khusus.

Kepada CNNIndonesia.com, Dedi mengaku semringah setelah menerima mobil asal Inggris yang ia beli setara dengan harga makanan di 'warteg'. Bergegas Dedi langsung memasuki interior mobil dan duduk di joknya yang lembut.


Dedi tak menyangka bisa memiliki mobil harga ratusan juga yang menjadi dambaan banyak orang tersebut, baik pria dan wanita. Namun bagi banyak orang ingin segera membawa hasil belanja pulang ke rumah, Dedi justru punya pikiran berbeda.


Dedi Heriyadi, seorang pengemudi ojek online (ojol) resmi menjadi pemilik MINI Cooper.Dedi Heriyadi, seorang pengemudi ojek online (ojol) resmi menjadi pemilik MINI Cooper. (Foto: Detikcom/Ruly Kurniawan)
MINI tiga pintu miliknya dipastikan tak akan mampir ke rumahnya. Dedi menjelaskan langsung melego mobil warna merah itu ke pembeli selanjutnya. Ia pun berharap proses jual beli difasilitasi pihak Bukalapak.

"Mobilnya mau saya jual, dan pihak Bukalapak memfasilitasi untuk penjualannya," kata Dedi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (17/12).

Dedi menjelaskan bahwa alasan menjual MINI Cooper tersebut karena dirinya dan keluarga belum membutuhkan mobil. Ia cukup bersyukur bisa memiliki sepeda motor yang menjadi kendaraannya mencari nafkah untuk istri dan anaknya.

Alasan lain, yaitu ia tak bisa membayangkan berapa dana yang harus ia keluarkan untuk membiayai mobil asal Inggris tersebut, seperti pajak kendaraan, servis rutin, bensin dan kosmetik guna meningkatkan penampilan kendaraan.

"Pada dasarnya pertama saya belum butuh dan belum pantes punya mobil mewah. Kedua ngebayangin pajak BBN (bea balik nama) sama pajak tahunannya, bikin sakit kepala," ujarnya sembari tertawa.

Gayung bersambut, pihak Bukalapak dijelaskan Dedi sangat bersedia mencari pembeli MINI Cooper selanjutnya. Pria yang kerap menerima orderan di kawasan Bintaro itu menyerahkan sepenuhnya penjualan mobil ke Bukalapak. Ia menegaskan tak ambil pusing soal harga, asalkan harganya sesuai harapan.

"Ya cari harga terbaik saja," ucap Dedi.

Konsisten Jadi Ojol

Walau sudah 'ketiban durian runtuh', Dedi mengaku akan setia menjadi pengemudi ojol. Ia tidak akan meninggalkan pekerjaan itu meski kelak menerima uang ratusan juta hasil dari penjualan MINI.

Kata dia bisa membeli MINI senilai Rp12 ribu hanya sebuah keberuntungan, sementara nafkah sehari-hari datang dengan cara menjadi pengemudi ojol.

"Masih (jadi ojol). Dapet MINI Cooper kan cuma sekali, tidak mungkin tiap tahun. Yang namanya duit dibeliin tahu bulat juga bisa kan," jelas pria asli Ciamis, Jawa Barat itu.

"Tapi yang jelas saya bersyukur dan berterima kasih kepada Allah yang pertama. Pastinya seneng sangat bisa mendapat hadiah yang di luar dugaan. Istri juga sama pastinya kaget bahagia dan tidak nyangka," tutup Dedi. (ryh/mik)