Internet Diprediksi Bakal Gratis di Masa Depan

CNN Indonesia | Jumat, 21/12/2018 08:08 WIB
Internet Diprediksi Bakal Gratis di Masa Depan Ilustrasi akses internet. (Foto: Picjumbo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memprediksi akses internet di masa depan berpotensi akan "gratis". Yang dimaksud gratis tentu bukan 100 persen tanpa biaya tetapi disponsori oleh pihak tertentu.

"Gratis itu gini dari ke waktu kan harga internet itu kan semakin murah. Tidak menutup kemungkinan suatu hari internet akan bisa gratis," ujar Ketua APJII Jamalul Izza disela diskusi 'Sinergitas Industri Telekomunikasi, Jasa Logistik, dan Penyiaran dalam Mendukung Ekonomi Digital' di Hotel Ayana MidPlaza, Jakarta, Kamis (20/12).

Namun, Jamal menekankan gratis yang dimaksud bukan berarti tidak membayar sama sekali. Namun yang nantinya merogoh kocek untuk membayar adalah layanan iklan.


Menurutnya, kedepan suatu perusahaan kemungkinan akan menggunakan media periklanan dengan menggratiskan akses internet. Hal ini dilakukan terlebih ketika perusahaan membutuhkan orang di suatu tempat untuk melihat interaksi terhadap konten mereka.

Kendati demikian, ia menilai hal itu masih butuh proses panjang yang kemungkinan bisa mencapai 10 tahun.

Di sisi lain, layanan akses internet nirkabel (WiFi) gratis telah memayungi berbagai wilayah di dunia, tak terkecuali Indonesia. Meski tak sepenuhnya gratis, WiFi publik juga tidak mengenakan biaya sama sekali kepada pengguna asalkan bersedia memasukkan kontak atau menonton iklan.

Di sisi lain, APJII saat ini masih mengupayakan agar seluruh Indonesia diselimuti jaringan 4G. Menurut laporan Dirjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika, baru 80 persen wilayah di Indonesia yang sudah disentuh 4G.

"Tiga tahun ke depan udah 4G. Kebanyakan sih sudah 4G tulisannya tapi layanannya udah 4G belum?" kata dia. (kst/evn)