Sepanjang 2018 Ada 113 Miliar Aplikasi Telah Diunduh

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 25/12/2018 11:53 WIB
Sepanjang 2018 Ada 113 Miliar Aplikasi Telah Diunduh Ilusturasi. (Pexels)
Jakarta, CNN Indonesia -- Platform analitik App Annie memprediksi sepanjang tahun 2018 angka aplikasi yang diunduh melampaui 113 miliar, naik 10 persen dari tahun lalu. Angka pembelanjaan pengguna ponsel juga meningkat lebih cepat yakni sekitar 20 persen dari athun ke tahun melampaui US$76 miliar di seluruh dunia.

Perusahaan aplikasi intelijen ini mendapatkan angka tersebut dengan menganalisis data baik di App Store iOS Apple dan Google Play hingga 15 Desember 2018. Angka itu tidak termasuk toko aplikasi pihak ketiga China, yang berpotensi menambah besar jumlahnya.

Techcrunch memperkirakan jumlah tersebut masih sedikit meningkat di akhir tahun, terutama karena pengguna membeli ponsel baru selama liburan kemudian mengunduh dan membeli aplikasi.


Namun, angka itu diklaim masih tetap dalam jumlah yang lazim dengan selisih yang tidak terlalu signifikan. App Annie mengatakan peningkatan belanja konsumen terjadi berkat besarnya peminat gim mobile.

Pada 2018, pasar gim seluler terhitung lebih matang lantaran kehadiran gim populer seperti Fortnite, PUBG, dan Roblox yang berembang karena meningkatknay spesifikasi ponsel yang kian mumpuni, serta tren gim lintas platform.

Di sisi lain, gim hiper-casual juga berhasil hingga memuncaki angka unduhan dan belanja pengguna ponsel pada akhir tahun.

Skema berlangganan aplikasi juga turut membantu peningkatan belanja konsumen di 2018. App Annie memperkirakan toko aplikasi (termasuk toko aplikasi pihak ketiga di China) akan mengantongi lebihd ari US$122 miliar pada 2019 dari kombinasi permainan dan berlangganan.

Jika dirinci, aplikasi Messenger dan Facebook tercatat paling banyak diunduh serta Helix Jump untuk kategori gim. Dari segi pendapatan, gim Fate/ Grand Order menghasilkan pendapatan terbanyak dari semua judul gim. Netflix mendapat pendapatan tertinggi dari kategori non-gim.

Analis App Annie memperkirakan di tahun 2019 tren yang muncul tidak akan jauh berbeda dengan tahun ini. Hal itu karena ponsel cerdas kedepannya masih memiliki kemampuan gim multiplayer berkualitas konsol yang lebih kompleks dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

App Annie merupakan perusahaan platform analitik untuk aplikasi perangkat mobile. Perusahaan ini menggabungkan sistem analitik dari aplikasi internal dengan pemahaman terperinci mengenai persaingan dan pasar untuk memberi gambaran soal bisnis seluler. (evn)