#DukaUighurDukaKita Mencuat di Tengah Isu Tsunami Selat Sunda

CNN Indonesia | Senin, 24/12/2018 17:18 WIB
#DukaUighurDukaKita Mencuat di Tengah Isu Tsunami Selat Sunda Kaum minoritas Uighur di Xinjiang menjadi ramai perhatian para netizen. (REUTERS/Thomas Peter)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah duka bencana alam tsunami di Selat Sunda, tagar #DukaUighurDukaKita juga ramai diperbincangkan netizen di media sosial Twitter, Senin (24/12).

Topik terpopuler atau trending topic hari ini di Indonesia diisi oleh tagar #IndonesiaBersatuKuat. Tagar ini menyuarakan dukungan untuk korban bencana alam tsunami di Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu (22/12) malam.

Setidaknya terdapat lebih dari 31 ribu cuitan yang menggunakan tagar ini.



Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban tewas akibat tsunami Selat Sunda mencapai 281 orang. Sementara, 1.016 lainnya mengalami luka-luka dan 57 orang masih dinyatakan hilang.

Selain itu, beberapa tagar dukungan untuk Muslim Uighur yang diduga mengalami pelanggaran persekusi di wilayah Xinjiang, China. Beberapa tagar itu berbunyi #KamiPeduliMuslimUighur sebanyak 11 ribu cuitan, #KhilafahSaveUighur 12 ribu cuitan dan #DukaUighurDukaKita juga 12 ribu cuitan.

Netizen banyak mengirimkan doa dan harapan mereka untuk Muslim Uighur yang merupakan kaum minoritas di kawasan itu.

Pemerintah China disebut melakukan pelanggaran HAM secara massal dan sistematis terhadap Muslim Uighur. Salah satu pelanggaran HAM paling dikhawatirkan adalah penangkapan etnis Uighur dan yang marak dilakukan otoritas China.

Berdasarkan kesaksian, otoritas China telah melakukan penahanan massal sewenang-wenang terhadap Uighur dan minoritas muslim lain di Xinjiang sejak 2014 lalu.

Berikut beberapa doa dan dukungan dari netizen untuk Muslim Uighur




(ptj/ain)