Tips Hindari Kebocoran Data Saat Liburan

CNN Indonesia | Jumat, 28/12/2018 09:08 WIB
Tips Hindari Kebocoran Data Saat Liburan Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memasuki masa liburan tak membuat masyarakat ikut libur menggunakan gadget. Justru, bagi sebagian orang, penggunaan gadget pada saat liburan meningkat. Dari mulai kamera ponsel, game, hingga aplikasi peta digital. Tak jarang, di tempat berlibur pemilik gadget menggunakan wifi yang tersedia yang rentan keamanan.

Sayangnya, tingkat keamanan data dari pengguna ponsel justru menurun. Perlu diingat bahwa pelaku kejahatan siber dapat memperoleh akses ke informasi berharga tanpa harus melakukan kontak fisik pada ponsel pintar seperti mengeluarkannya dari kantong pemilik.

Hal yang sama juga mungkin dapat terjadi pada pengisi daya USB di bandara dan tempat-tempat umum lainnya. Pengisi daya USB juga dapat digunakan untuk mencuri data dari perangkat dan menginfeksinya dengan perangkat lunak berbahaya, seperti spyware.
Kaspersky Lab membagikan tips agar menghindari kebocoran data saat liburan. Berikut lima tips yang dapat digunakan selama masa liburan.


1. Perhatikan langkah-langkah keamanan yang tepat dapat membantu menjaga informasi pribadi seperti korespondensi, foto, detail kartu bank dan aman dari pengintaian yang tidak bertanggung jawab.

2. Pelajari lebih lanjut tentang cara-cara sederhana dalam melindungi data pribadi. Tekankan pada pentingnya enkripsi data, otentikasi dua faktor, dan kata sandi yang kuat, serta berdiskusi lebih lanjut tentang tindakan yang harus dilakukan jika sebuah perangkat akhirnya dicuri.
3. Edukasi bahaya penggunaan Wi-Fi publik dan cara menjadikannya lebih aman (misalnya, dengan menggunakan VPN).

4. Anjurkan pengisian daya ponsel pintar pada stop kontak yang tidak melalui USB.

5.Pentingnya memasang solusi antivirus yang andal dengan teknologi anti pencurian pada perangkat seluler pribadi. (age/age)