Ubah Letak Feed Jadi Horizontal, Instagram Gemparkan Pengguna

CNN Indonesia | Jumat, 28/12/2018 10:23 WIB
Ubah Letak Feed Jadi Horizontal, Instagram Gemparkan Pengguna Ilustrasi. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram sempat membuat 'gempar' lini massa platformnya. Pasalnya, tata letak lini massa instagram yang vertikal, tiba-tiba berubah menjadi horizontal.

Sontak perubahan ini membuat para netizen terkejut. Dilansir dari The Verge, awalnya perubahan tata letak ini diduga merupakan uji umpan bagi sebagian pengguna. Dugaan ini muncul karena pada perusahaan sempat menguji fitur serupa pada Oktober lalu untuk bagian explore atau jelajah.

The Verge menuliskan tata letak baru pada dasarnya mengubah semua posting menjadi cerita Instagram raksasa tunggal, lengkap dengan mengetuk untuk memajukan posting. Perubahan tersebut merupakan perubahan yang mengejutkan bagi komunitas Instagram, yang telah terbiasa dengan feed lama.
Dengan konsep horizontal, setiap foto (dan setiap iklan) mendapat sorotan pada waktu tertentu dan hanya dapat melihat satu posting. Komentarnya jauh lebih menonjol dari tata letak sebelumnya.


Kepala Instagram Adam Mosseri berkomentar di Twitter bahwa tata letak horizontal dimaksudkan untuk melakukan tes kecil, namun efeknya lebih luas dari yang diperkirakan.


Namun juru bicara Facebook (induk perusahaan) membantah hal itu dalam sebuah pernyataan kepada The Verge.

"Melihat perubahan cara feed mereka (Instagram) muncul hari ini. Kami dengan cepat memperbaiki masalah dan umpan kembali normal. Kami mohon maaf atas segala kebingungan. "
Hanya beberapa menit setelah feed horizontal ditayangkan, feed vertikal kuno tampaknya telah muncul kembali untuk sebagian besar pengguna yang telah melihat tes pengguliran horizontal. Tetapi bahkan jika pembaruan hari ini adalah kecelakaan, tampaknya Instagram menganggap serius feed horizontal.

(age/age)