Cara Kerja Tabung Pembatas Jalan Ide Ridwan Kamil

CNN Indonesia | Rabu, 02/01/2019 09:15 WIB
Cara Kerja Tabung Pembatas Jalan Ide Ridwan Kamil Sejumlah warga melihat sebuah mini bus berpenumpang wisatawan yang masuk jurang di Tanjakan Letter S, Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (8/9). Data Polres Sukabumi menyebutkan kecelakaan lalu lintas tunggal ini mengakibatkan 21 orang tewas dan 17 luka-luka berat dan ringan. (Foto: ANTARA FOTO/Budiyanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembatas jalan berupa tabung berputar yang dikenal dengan sebutan Roller Barrier atau Roller System merupakan perangkat pendukung keselamatan yang sudah lumayan banyak digunakan di luar negeri. Di Indonesia, perangkat yang sanggup mencegah efek kecelakaan semakin parah ini sudah dipasang di Jawa Barat atas ide Ridwan Kamil.

Pada umumnya pembatas jalan berupa pagar besi yang fungsinya mengurangi kecepatan kendaraan kecelakaan dan menjaga kendaraan tersebut jauh keluar jalur. Namun pagar besi ini tidak sepenuhnya bisa melindungi pada berbagai skenario dan kemampuannya tergantung besar kendaraan dan kecepatan saat tumbukan.

Pagar besi sifatnya solid dan punya potensi buruk pada penumpang saat terjadi tumbukan. Dari situ muncul solusi oleh perusahaan asal Korea Selatan, Evolution in Traffic Innovation (ETI), yang mengembangkan "Rolling Barrier System" berupa pagar lebih lunak namun kuat.


Pagar pembatas jalan buatan ETI didesain memiliki tabung yang bisa berputar dengan warna terang "menyala" pada malam hari. Pagar ini lebih dari sekadar meresap energi tumbukan, namun mengubahnya menjadi energi rotasi.

Jadi saat ditabrak kendaraan kecelakaan, tabung bakal mengubah arah tumbukan frontal.

[Gambas:Instagram]

Dijelaskan interestingengineering.com, tabung berputar itu dibuat dari bahan Ethylene Vinyl Acetate (EVA) yang punya fleksibilitas lebih baik ketimbang bahan polyethylene resins. Dipaparkan, EVA lebih ringan dari karet dan tidak mudah rusak.

Desain Rolling Barrier System disebut mampu menahan ban pada kendaraan besar dan kecil. Rancangannya juga ditujukan buat menjaga kendaraan kecelakaan tetap searah laju agar menghindari potensi kecelakaan berikutnya.

Rolling Barrier System dikatakan sudah diuji pada tiga jenis kendaraan berdasarkan ukuran, yakni kecil, besar, dan bus. Hasilnya disebut memuaskan pada semua kriteria.

Berikut cara kerja Rolling Barrier System dalam video:
[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube] (fea/fea)