Sekolah China Gunakan 'Seragam Pintar' Demi Awasi Murid

CNN Indonesia | Kamis, 03/01/2019 07:07 WIB
Sekolah China Gunakan 'Seragam Pintar' Demi Awasi Murid Ilustrasi. (Dok. ucdavis.edu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah sekolah di China mulai memanfaatkan metode baru untuk mengawasi keberadaan murid mereka yakni dengan 'seragam pintar'. Seragam ini disisipi chip untuk menelusuri jejak setiap anak.

Dilansir dari TechJuice, setiap seragam pintar memiliki dua keping chip yang tersembunyi di pundak. Chip itu bisa bertahan meski baju sudah dicuci 500 kali.

Chip ini mengidentifikasi kapan siswa memasuki atau meninggalkan halaman sekolah, dan secara otomatis mengirimkan data itu kepada orang tua dan guru. Para orang tua juga diberi aplikasi yang memungkinkan mereka melihat rekaman video waktu masuk dan pulangnya anak.


Menurut perusahaan penyedia teknologi seragam ini, Guizhou Guanyu, alarm suara otomatis akan diaktifkan jika siswa yang mengenakan seragam cerdas keluar dari sekolah tanpa izin.
Dengan bantuan alat pengenal wajah yang dipasang di pintu sekolah, jika siswa menukar seragam mereka, alarm juga akan berdering. Tak hanya sampai di sana, administrasi sekolah juga dapat melacak siswa bahkan setelah mereka meninggalkan halaman sekolah.

"Kami memilih untuk tidak memeriksa lokasi akurat siswa setelah sekolah, tetapi ketika siswa hilang dan bolos kelas, seragam membantu menemukan mereka," kata Lin Zongwu, Kepala Sekolah Sekolah Renhuai 11 di Provinsi Guizhou kepada GlobalTimes, Desember silam.

Faktor-faktor tersebut menimbulkan beberapa keprihatinan serius terutama menyangkut hak privasi anak-anak. Namun, seragam ini terbukti meningkatkan tingkat kehadiran siswa sehingga mungkin akan digunakan lebih luas di China.

Menurut laporan dari GlobalTimes, sekitar 10 sekolah menggunakan seragam cerdas untuk meningkatkan kehadiran siswa. Sekolah tersebut berada di Provinsi Guizhou dan Guangxi Zhuang. Lebih dari 800 siswa telah menggunakan seragam ini sejak 2016. (kst/age)