Membuka 2019 dengan Tren Ponsel 5 Kamera

CNN Indonesia | Kamis, 03/01/2019 15:07 WIB
Membuka 2019 dengan Tren Ponsel 5 Kamera Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Bintoro Agung)
Jakarta, CNN Indonesia -- Membuka tahun 2019 berhembus kabar jika dua produsen ponsel tengah menyiapkan ponsel dengan lima kamera belakang. Adalah Huawei dan Nokia yang masing-masing menyiapkan flagship terbaru Nokia 9 PureView dan Huawei Mate 30 Pro.

Kabar kemunculan Nokia 9 PureView pertama kali mengemuka lewat bocoran video yang diungkap oleh MySmartPrice. Sementara kemunculan Huawei Mate 30 Pro bocor lewat paten yang sudah didaftarkan perusahaan di China.

Paten yang didaftarkan memang tidak secara langsung merujuk pada bentuk ponsel, tetapi sebatas bentuk 'selimut' Mate 30 Pro. Sepintas bentuknya tidak jauh berbeda dari 'sang kakak' Mate Pro 20, selain adanya tambahan kamera dengan bentuk potongan yang tetap kotak.


Mengutip Slashgear, sejauh ini belum ada rincian mendetail soal spesifikasi dan kegunaan masing-masing kamera. Kabar yang beredar mengatakan salah Huawei meniadakan sensor monokrom agar semuanya bisa jadi kamera RGB.

Salah satu kamera dipastikan juga memiliki sensor time of flight (ToF) yang saat ini sedang populer. Kamera memiliki metode untuk mengukur jarak antara sensor dengan obyek berdasarkan perbedaan waktu antara emisi sinyal dan kembalinya bayangan ke sensor. Gambar yang dihasilkan akan memiliki kedalaman yang lebih natural.

Sementara itu, dalam video yang beredar menampilkan lima kamera pada Nokia 9 PureView disusun menjadi bentuk penta. Di bagian belakangan tampak menggunakan material kaca dan dukungan charging nirkabel Qi.

Meski tak memiliki bingkai tipis, namun layar memiliki ukuran 5,99 inci dengan resolusi 2K dan HDR10. Tak lupa, sensor pemindai sidik jari serta cip Snapdragon 845 dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB juga turut melengkapi ponsel ini.

Kelima kamera disebut menggunakan lensa ZEISS yang diklaim bisa membidik objek secara simultan. Kemampuan kamera membidik di kondisi minim kamera disebut jadi salah satu keunggulan Nokia 9 PureView.

HMD Global sebagai pemilik merek Nokia mengatakan kelima kamera bisa membidik hingga 10 kali lebih baik dalam kondisi gelap dibadingkan sensor kamera ponsel lainnya.

Ponsel yang kabarnya akan dirlis beberapa pekan kedepan ini disebut akan ditenagai Android 9 Pie dan merupakan program Android One.

[Gambas:Youtube] (kst/evn)